Bhabinkamtibmas Desa Melis Hadiri Bimtek KPPS Pemilu 2019

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Melis Polsek Gandusari Brigadir Muklis Purnanto melaksanakan sambang dan menghadiri kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) Pemilu 2019 yang bertempat di balai Desa Melis Kecamatan Gandusari, Trenggalek, jum’at (05/04/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Desa Melis, Ketua PPS Desa Melis dan anggota, KPPS Desa Melis dan anggota, Panitia Pengawas Pemilu Desa Melis. Bhabinkamtibmas Desa Melis Babinsa Desa Melis dan PPK Kecamatan Gandusari, Trenggalek.

Sambutan Kepala Desa Melis yaitu mengucapkan salam dan penghormatan kepada seluruh undangan. Menyampaikan bahwa pileg, pilpres 2019 sudah mendekati waktunya yaitu pada tanggal 17 april 2019. Menyampaikan bahwa pemilu saat ini berbeda dengan pemilu sebelumnya, berharap agar berhati hati dan waspada serta jangan sampai ada kesalahan dalam pelaksaan pemilu. Kemudian agar KPPS tetap mejaga netralitas.

Sambutan Ketua PPS Desa Melis yaitu mengucapkan salam kepada seluruh undangan. Menyampaikan bahwa tahapan pemilu saat ini sudah sampai tahapan pembentukan KPPS dan dilaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) pada anggota KPPS (Kelompok Penyelenggatra Pemungutan Suara). Menyampaikan jumlah DPT Desa Melis 2.163 pemilih. Menyampaikan tempat lokasi TPS di Desa Melis. Menyampaikan petugas KPPS di daftar hadir agar lebih teliti. Menghimbau agar KPPS selalu mempedomani petunjuk yang sudah ditetapkan dari KPU. Mengajak agar semua mendukung dan mensukseskan kegiatan Pemilu 2019.

Sambutan PPK Kecamatan Gandusari yaitu mengucapkan salam kepada seluruh undangan. Menyampaikan bahwa logistik pemilu saat ini telah di simpan di balai Desa Gandusari. Pemilih yang berhak memberikan suara di TPS adalah yang telah terdaftar di DPT, DPTb dan DPK. Kemudian KPPS menyampaikan surat pemberitaghuan pemilih paling lambat satu hari sebelum pemilihan. Pembuatan TPS dibuat paling lambat satu hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara dan bebas dari atribut maupun gambar pasangan calon. Di TPS ada petugas KPPS, saksi capres, saksi caleg, saksi caleg DPD,  dan linmas. Saksi dari capres, partai dan DPD masing masing maksimal 2 orang dan harus menyerahkan surat mandat.

Sehubungan dengan kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas Desa Melis mengatakan “Dengan telah di selenggarakanya kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) kepada para KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) Pemilu 2019 di Desa Melis diharapkan pelaksanaan Pemilu di TPS – TPS Desa Melis dapat berlangsung dengan aman, tertib dan lancar” kata Brigadir Muklis Purnanto selaku Bhabinkamtibmas Desa Melis.