Humas Polsek Dongko Hadir Dalam Pembekalan Linmas Desa Petung

Polres Trenggalek – Bertempat di Balai Desa Petung Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek dilaksanakan pembekalan Linmas dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2019. Sabtu (6/4)

Dikesempatan pembekalan Linmas tersebut dihadiri sejumlah 40 anggota Linmas yang nantinya sudah siap berjaga di tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2019 di Desa Petung Kecamatan Dongko. Dengan penyampai materi oleh Ketua PPS Desa Petung saudara Sayid dan Sekdes Desa Petung saudara Saidi serta PS Kasi humas Polsek Dongko Polres Trenggalek Bripka Heri Cahyono.

Dalam sambutannya Ketua PPS Desa Petung saudara Sayid menyampaikan terkait teknis dalam kegiatan pengamanan TPS Pemilu 2019 oleh para Linmas yang berjaga atau melakukan pengamanan di masing-masing TPS adalah sebanyak 2 orang bersama petugas KPPS.

Beliau menekankan terkait tugas pokok dan fungsi Satlinmas sebagai pelaksana pengamanan TPS. Untuk ini agar peran Linmas lebih profesional melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam pengamanan pemilu 2019.

Sementara Sekdes Desa  mohon kepada Linmas Desa Petung saat melaksanakan jaga di TPS harus bersikap netral dan tegas agar tidak akan ada yang mengganggu kelancaran demi suksesnya Pemilu 2019.

Sementara PS Kasi humas Polsek Dongko Bripka Heri Cahyono dari pembekalan itu mengatakan terkait kewajiban Linmas dalam pelaksanaan tugas pengamanan di area melekat di masing-masing TPS.

” Linmas harus melekat di TPS dan harus memahami aturan maupun pelaksanaan saat pemungutan suara seperti berapa kartu suara yang harus dicoblos, mekanisme penghitungan dan Linmas harus mengikuti dari seluruh rangkaian mulai masa pungut hitung hingga pengawalan dari TPS sampai ke PPS”, terangnya.

Kemudian kegiatan pembekalan Linmas ditutup oleh ketua PPS Desa Petung.

Saat ditemui usai kegiatan
Bripka Heri Cahyono mengatakan peran Linmas dalam pelaksanaan Pemilu 2019 amat sangatlah penting. Karena Linmas satu-satunya petugas yang dapat masuk di dalam TPS (tempat pemungutan suara). Satlinmas tersebut akan menjadi petugas yang melekat di setiap tempat pemungutan suara TPS Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif (Pilpres-Pileg) 17 April 2019 mendatang.

Dan semoga kegiatan pada Pemilu 2019 nanti dapat berjalan dengan aman lancar dan sukses. Serta rangkaian kegiatan yang kita laksanakan dapat berbuah berkah dan bernilai ibadah. Tukas Bripka Heri

Sementara Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki, S.H. membenarkan apa yang telah dilakukan anggotanya untuk hadir dalam kegiatan pembekalan Linmas yang bertempat di Balai Desa Petung Kecamatan Dongko.

Semoga dengan kegiatan ini petugas Linmas dapat mengerti dan memahami seluruh rangkaian pengamanan dalam rangka Pemilu 2019. Dan yang sangat kita harapkan bahwasanya pesta demokrasi atau pelaksanaan Pemilu 2019 nanti  dapat berjalan dengan aman dan sukses. Pungkas AKP Tri Basuki.