Jangan Bunyikan Petasan Mari Isi Bulan Ramadhan Dengan Ketaqwaan Dalam Beribadah

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas desa Timahan Polsek Kampak Polres Trenggalek Bripka Puguh Hariyanto, S.H. melaksanakan patroli dialogis dengan masyarakat di kompleks pertokoan pasar temple Rt.15/Rw.05 dusun Banaran desa Timahan, sekaligus menempelkan selebaran himbauan Kamtibmas Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. dimana salah satunya tentang larangan membunyikan petasan. Jum’at (10/05/2019).

AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. secara tegas melarang peredaran dan membunyikan petasan atau mercon, selama Ramadan hingga menjelang Lebaran. Demi menjaga kekhusukan umat muslim menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, polisi siap menindak jika terjadi pelanggaran.

“Semua orang yang bersinggungan dengan petasan dapat diberikan sanksi pidana sesuai dengan Undang Undang yang berlaku. Sanksi tidak hanya diberikan bagi pembuat petasan, tapi juga yang memainkannya. Barangsiapa menguasai, membawa, dan memiliki petasan sama hukumannya, jadi diharapkan dan diimbau untuk tidak membeli petasan karena berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain.” Ujar Bhabinkamtibmas desa Timahan Polsek Kampak Polres Trenggalek Bripka Puguh Hariyanto, S.H. saat membagikan selebaran tersebut kepada masyarakat desa Timahan.

Karena Ramadhan adalah bulan penyucian diri, bukan berfoya-foya, membakar amarah orang lain dengan petasan dan juga hal-hal yang tidak berguna lainnya. Khusus orangtua pastikan buah hati anda  diberi pengertian agar memanfaatkan momen bulan puasa dengan arif dan bijak, jika ingin bermain pun bisa menggunakan permainan lain.