Ajak Pemuda Untuk Menjaga Situasi Kamtibmas

Polres Trenggalek – Usaha memelihara kamtibmas di wilayah hukum. Petugas dari Polsek Dongko Polres Trenggalek terus menggiatkan patroli mobiling.

Dalam pelaksanaan kegiatan mobiling kali ini petugas patroli menyambangi kawasan obyek vital, proyek vital ataupun tempat-tempat rawan lainnya.

Dan disaat patroli melintas ke jalan raya Dongko Panggul tepatnya didepan area pasar Dongko, petugas patroli mendapati dua orang pemuda yang sedang duduk-duduk didepan kios yang masih buka di malam hari. Sabtu (11/5)

Seketika itu petugas patroli yang diarmadai Ka SPKT Aiptu Edi Purwanto bersama Brigadir Eko Priyanto menghampirinya sekaligus melakukan dialogis dan berikan pesan pesan kamtibmas kamtibmas secara langsung guna untuk terciptanya kemitraan dalam menjaga kondusifitas kamtibmas.

Saat ditemui usai kegiatan Aiptu Edi Purwanto selaku pengendali patroli mengatakan, kegiatan patroli dan dialogis seperti ini adalah untuk mempererat jalinan kemitraan khususnya kepada pemuda.

“Pemuda biasanya lebih aktif kegiatannya baik itu hal positif maupun negatif. Agar mereka berperilaku yang positif maka perlu dilakukan pendekatan yang bersifat persuasif edukatif untuk berikan suatu pemahaman terkait kamtibmas. Sehingga mereka dapat melakukan suatu tindakan untuk bersama menciptakan kondisi kamtibmas.” Kata Aiptu Edi Purwanto.Sementara Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki, S.H. membenarkan apa yang telah di lakukan anggotanya dalam pelaksanaan patroli dan dialogis bersama masyarakat.

” Kegiatan patroli dan dialogis tersebut selain untuk memantau daerah rawan terjadinya gangguan kamtibmas, juga menyampaikan himbauan kamtibmas kepada warga dan para remaja agar dapat bersama sama menjaga kamtibmas dan menghindarkan agar para remaja tidak terjerumus kedalam kenakalan remaja.” Tambah AKP Tri Basuki.

Lebih lanjut Kapolsek yang akrab disapa Tribas ini mengungkapkan, peran serta pemuda sangat diharapkan dalam upaya pemeliharaan kamtibmas di lingkungan sekitar tempat tinggalnya masing masing.

Mudah-mudahan dengan adanya peran pemuda yang peduli terhadap kamtibmas, maka akan tercipta sinergi dan pada akhirnya situasi senantiasa aman dan kondusif. Pungkas Kapolsek Dongko AKP Tri Basuki.