Jangan Tergiur Rokok Ilegal, Hindari Perbuatan Melawan Hukum

Polres Trenggalek – Waka Polsek Kampak Polres Trenggalek Ipda Suswanto, S.H. bersama Ka SPK Aiptu Hendro Suyoto dan 1 orang anggota melaksanakan patroli ke salah satu gudang rokok diwilayah desa Bendoagung, guna melihat aktifitas para pekerja di gudang rokok tersebut sambil menitipkan pesan pesan Kamtibmas tentang bahaya peredaran rokok tanpa cukai yang dapat merugikan Negara. Senin (13/05/2019).

Kehadiran rokok ilegal di tengah-tengah perokok bukanlah sesuatu yang asing ditemukan. Sekilas memang menggiurkan mengonsumsi rokok ilegal yang memang benar adanya, harga rokok ilegal lebih murah ketimbang rokok bercukai. Soal cita rasanya yang tak jauh berbeda, bahkan hampir menyerupai produk rokok bermerek juga sering dijumpai. Tetapi produk tersebut tetaplah ilegal apapun itu alasannya.

“Mari kita mulai dengan mengetahui apa itu rokok ilegal dan penyebab produk rokok tersebut dikategorikan sebagai produk ilegal. Rokok ilegal adalah rokok yang masuk atau dijual di pasaran dengan melanggar peraturan keuangan, bea cukai, dan peraturan lainnya, misalnya tanpa membayar bea masuk, cukai atau PPN, dan tanpa mematuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku. Selain itu dapat juga dikatakan ilegal apabila produk dengan merek dagang tertentu tersebut dijual tanpa membayar pajak yang berlaku, atau bisa juga berupa rokok palsu, yaitu tiruan yang dibuat tanpa izin pemilik merek dagang.” Ujar Waka Polsek Kampak Polres Trenggalek Ipda Suswanto, S.H.

Kehadiran petugas kesalah satu gudang rokok tersebut disambut baik dengan para karyawan dan pekerja, dengan kehadiran petugas tersebut maka dapat menjalin hubungan yang baik antara Polri dan masyarakat, serta memberikan penjelasan secara hukum tentang akibat melakukan perbuatan melawan hukum.