Pintar Bermedsos Minimalisir Kejadian Pidana Transaksi Elektronik

Polres Trenggalek – Cangkruk bersama presiden IST Trenggalek Bambang Puji yang dilaksanakan personel Polsek Pule Polres Trenggalek dalam kegiatan bagi takjil di depan pendopo kecamatan Pule Pada Minggu ( 12/05 ). Dalam dialogis sebelum acara inti dilaksanakan, membahas bagaimana munculnya IST sampai memiliki jumlah Netizen yang cukup banyak dalam bermedsos di dunia maya.

 

Diceritakan Bambang Puji, dulunya dia yang merupakan wartawan koran memorandum menulis berita di jejaring dunia maya Face book. Dari hasil tulisanya yang mengangkat kabar seputaran Trenggalek mendapat respon dari para netizen yang menggeluti dunia maya. Berawal dari situ, dia membentuk komunitas Info Seputar Trenggalek ( IST ) yang dari tahun ketahuan anggotanya makin banyak. Bahkan yang diluar pulau jawa seperti Kalimantan juga sudah adanya komunitas IST yang merupakan paseduluran di awali dari dunia maya ke dunia nyata, katanya disampaikan ke koresponden waktu dialogis.

Masih teringat menurut ceritanya kepada anggota Polsek Pule Polres Trenggalek yang berdialogis disampingnya, Kopdar pertama IST dilaksanakn di alun-alun kabupaten Trenggalek sekitar tahun 2012 yang lalu. Di usia ke sembilan tahun IST Masih aktif dalam kegiatan kepedulian masyarakat di dunia nyata dengan melakukan beberapa kali santunan seperti dilaksanakan diwilayah Pule hari ini.

Pesan yang disampaikan personel Polsek Pule Polres Trenggalek kepada presiden IST seperti yang dikatakan kemarin, sebagai pengguna media sosial agar tidak melakukan tindakan yang bisa menyeret kepada aturan hukum undang – undang transaksi elektronik. Supaya disampaikan kepada anggota IST untuk tidak bermedsos yang membuat kerusuhan, ancaman bahkan saling mengejek didunia maya. Semua tindakan di dalam bermedsos ada aturanya, yang perlu mendapatkan perhatian mereka pintar bermedsos jauhi dan cegah sheer berita yang belum pasti kebenaranya.

 

” Kita sampaikan kepada orang nomor satu di IST agar bisa mengendalikan anggotanya dan pintar bermedsos, salah satunya cegah informasi hoax dan larangan dalan undang -undang ITE,” jelas Kasi Humas Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Saiful saat dikonfirmasi koresponden.