AKP Tri Basuki : Inilah Dinamakan Polri Ada Demi Masyarakat

Polres Trenggalek – Petugas Kepolisian dari Polsek Dongko Polres Trenggalek yang di armadai PS Kanit Binmas Aiptu Tarigan Budi Sarwono bersama Aipda Didik Suseno dan Bripka Amron Dwi Laksono menggelar patroli mobiling dengan skala besar guna menjangkau daerah rawan diwilayah hukum. Selasa (14/5)

Perlu diketahui bersama bahwasanya dikesempatan patroli mobiling kali ini petugas patroli menyasar daerah rawan diantaranya proyek vital, obyek vital, pertokoan juga area gubuk di persawahan, yang mana merupakan tempat rawan digunakan anak sekolah yang ingin bolos. Demikian juga jalur rawan kecelakaan dan rawan longsor tak luput dari jangkauan yakni lokasi jalan ambles di KM 42 masuk Desa Cakul Kecamatan Dongko.Namun tidak hanya mobiling saja yang dilakukan oleh petugas patroli, akan tetapi juga menyapa masyarakat untuk mendekatkan kamtibmas sehingga nantinya bisa peduli dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungannya.Saat ditemui Aiptu Tarigan Budi Sarwono mengatakan, kondisi keamanan di setiap daerah, tentunya tidak sama, dan masing-masing memiliki tingkat kerawanan dan gangguan kamtibmas yang berbeda. Untuk itu kami dalam pelaksanaan patroli kali ini kami lakukan dengan skala jangkauan yang luas demi terpeliharanya kamtibmas.

“Untuk mengupayakan aman diwilayah hukum, pada kesempatan pelaksanaan patroli kali ini kami lakukan dengan skala jangkauan yang luas demi terpeliharanya situasi kamtibmas yang mantap.” Kata Aiptu Tarigan Budi Sarwono menegaskan.Sementara dikonfirmasi terpisah Kapolsek Dongko Polres Trenggalek membenarkan apa yang telah dilakukan anggotanya untuk terus menerus menggelorakan semangat berjuang dalam rangka memelihara situasi kamtibmas diwilayah hukum. Hal tersebut sesuai dengan pedoman hidup Polri dan standar operasional prosedur serta isi dari Undang-undang tentang Kepolisian. Dan inilah yang dinamakan Polri ada demi masyarakat.

Seperti tertuang dalam UU No.2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, dalam pertimbangan huruf B ditegaskan. “Bahwa pemeliharaan keamanan dalam negeri melalui upaya penyelenggaraan fungsi kepolisian yang meliputi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia selaku alat negara yang dibantu oleh masyarakat dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.” Jelas AKP Tribasuki.

Dan juga dengan menyapa masyarakat untuk mendekatkan kamtibmas adalah kebutuhan bersama bisa berguna dalam menekan dan mengatasi terjadinya kriminalitas di sebuah lingkungan, karena masyarakat yang menempati lingkungan tersebut berkewajiban untuk peduli dan ikut andil, serta menjadi pionir dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungannya. Pungkas Kapolsek Dongko.