Polisi Bergabung Ngopi Dan Cangkrukan Dengan Pemuda

Polres Trenggalek – Sambil menikmati suasana malam, petugas patroli dari Kepolisian Sektor Dongko Polres Trenggalek cangkrukan bersama pemuda. Selasa (14/5)

Terlihat disana personil patroli Polsek Dongko yang di armadai Ka SPKT Aiptu Edi Purwanto dengan Brigadir Eko Priyanto sedang duduk asyik sambil ngobrol ringan seputar dunia remaja. Agar lebih bermakna dari kegiatan cangkrukan maka tak lupa diberikan pula pesan kamtibmas.

Saat ditemui dalam sela kegiatan Aiptu Edi Purwanto mengatakan, kegiatan seperti ini kami lakukan mengingat betapa pentingnya berbaur. Dan juga mengedepankan azas manfaat yakni ketika patroli malam agar lebih berguna dan bermanfaat untuk masyarakat, adalah jika mengetahui warga sedang cangkruk agar di hampiri.

“Perlu diketahui bersama bahwasanya hal tersebut dilakukan oleh petugas Kepolisian guna mendekatkan kepedulian terhadap kamtibmas sebagai kebutuhan bersama kepada para pemuda,sekaligus bisa sekedar ngobrol atau apapun supaya masyarakat lebih merasakan ketenangan dengan hadirnya Polisi di tengah-tengahnya.” Kata Aiptu Edi Purwanto.

Sementara ditempat terpisah Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., membenarkan apa yang telah dilakukan anggotanya yang telah patroli dan cangkrukan bersama pemuda.

Lebih lanjut Kapolsek yang akrab disapa Tribas ini mengungkapkan, dengan cara yang lebih santai dan enak dimengerti oleh lapisan masyarakat termasuk pemuda adalah dengan cara ikut nimbrung cangkrukan dengan komunitasnya. Tersebut berguna untuk membangun kedekatan antara masyarakat dengan kepolisian.

“Dengan cara yang santai yakni sering melakukan hal yang familiar yakni cangkrukan bersama masyarakat khususnya kalangan pemuda, maka berguna untuk membangun kedekatan antara masyarakat pemuda dengan kepolisian.” Ungkapnya.

Disatu sisi masyarakat pemuda tidak canggung atau sungkan untuk berkonsultasi dan memberi informasi kepada Polri, yang pada akhirnya Polri akan lebih ringan dan mantap dalam menjaga kamtibmas diwilayah hukum. Imbuh Kapolsek Dongko AKP Tri Basuki.

Semoga melalui cara yang sederhana yakni duduk bersama masyarakat dan ngobrol bareng tanpa sekat seperti itu dapat menciptakan situasi Kamtibmas yang aman. Pungkasnya.