Berikan Teguran pada Pengendara Motor, Taati Ketentuan Berlalulintas

Polres Trenggalek –  Kesadaran masyarakat dalam mematuhi aturan berlalulintas nampaknya masih kurang, hal ini terlihat saat petugas Patroli Polsek Karangan Polres Trenggalek sedang melintas di depan BRI Unit Karangan. Nampak pengendara sepeda motor berboncengan tiga dan tidak memakai helm, Rabu (15/05).

Sebagian masyarakat masih kurang memahami pentingnya keselamatan berlalulintas, padahal sedang mengendarai sepeda motor dijalan raya yang ramai kendaraan. Mereka mengabaikan kelengkapan berkendara seperti helm yang merupakan pelindung bagian kepala dari benturan apabila terjadi kecelakaan lalu lintas.

Mengetahui hal tersebut personil dari Polsek Karangan Polres Trenggalek Bripka Sunari menegur masyarakat yang tidak memakai helm saat berkendara roda dua/sepeda motor tersebut serta mengingatkan pentingnya menggunakan helm apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, serta menjelaskan bahwa sepeda motor hanya untuk berboncengan dua orang saja.

“Helm merupaka pelindung tubuh yang dipakai dikepala pada saat sedang mengendarai sepeda motor, selain itu helm juga merupakan kewajiban sebagai kelengkapan jika mengendarai sepeda motor sesuai dengan peraturan Undang-Undang lalulintas, dan demi keselamatan sebaiknya tidak berboncengan lebih dari dua orang,”ujar Bripka Sunari.

Di tempat terpisah Kapolsek Karangan AKP Sutrisno,S.H. menjelaskan, “Fungsi helm itu sendiri sangat vital yakni untuk melindungi kepala dan keselamatan jika terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan, dengan memakai helm juga akan lebih terlindungi dari panasnya matahari, polusi juga debu-debu di jalan raya. Serta melindungi mata dari binatang kecil yang rawan masuk ke mata saat berkendara bila kaca helm ditutup, juga terlindungi dari air pada saat hujan,” terang Kapolsek Karangan.