Berita Hoax Masih Dijumpai di Media Sosial, Waspada!

Polres Trenggalek – Jalanan diseputaran pasar Pule masih ramai orang, situasi itu bisa dijumpai setelah kegiatan sholat taraweh yang dilaksanakan di lokasi tempat ibadah yang tidak jauh dari pasar. Ketika tiga personel Polsek Pule Polres Trenggalek yang dipimpin KSPK Aiptu Joko Nurhadi turun dari mobil patroli dan memantau lokasi di area seputaran jalan raya Pasar Pule, pada Selasa malam ( 14/05 ).

Lokasi saat turun berada di depan counter hand phone milik sumo yang berdekatan dengan jalan, saat anggota turun dijalan counter tersebut masih buka. Lokasi ini juga sering dijumpai para anak-anak muda berkumpul saling ngobrol setelah membeli Pulsa atau mencari hand phone baru dan bekas.

Kebetulan, saat patroli Polsek Pule Polres Trenggalek berada dilokasi counter, masih terlihat beberapa anak muda sedang berkumpul. Melihat situasi yang ada, KSPK Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Joko turut bergabung dalam obrolan mereka. Dialogis serta himbauhan kamtibmas terkait beriata Hoax yang tidak serame jelang pemilu tetapi masih banyak dijumpai di Medsos, disampaikan agar para millenial lebih berhati-hati menggunakan akses hand phone yang canggih.

Dengan mengarahkan kewaspadaan terhadap netizen yang mayoritas menggunakan internet, disampaikanya kewaspadaan jangan terprofokasi bila mendapat kabar yang belum dicek kebenaranya terkait permasalahan adanya Pilpres yang baru digelar kemarin.

”Serangan hoax dan cyber crime, inilah mungkin dua jenis ancaman yang paling kelam dalam jagat cyber space kita. Cyber crime mungkin lebih berorientasi pada nafsu mengumpulkan uang dalam skala masif dengan jalan yang tidak barokah. Mediumnya adalah melalui jalur maya,” kata KSPK Polsek Pule Polres Trenggalek saat dialogis.

Melihat fenomena yang pernah muncul sebelum kelompok saracen di ungkap Polisi serangan hoax bisa lebih muram sampaknya publik jadi bingung mana informasi yang benar, mana yang palsu dan sarat fitnah. Ujungnya persatuan dan kohesivitas publik bisa pecah berkeping-keping, lanjut personel Polsek Pule Polres Trenggalek.