Petugas Patroli Cangkruan Bareng Warga Di Poskamling

Polres Trenggalek – Jajaran Polsek Suruh Polres Trenggalek secara rutin dan berkesinambungan selalu melaksanakan giat sambang dan patroli harkamtibmas yang di lanjutkan dengan sambang desa dan tatap muka bersama dengan warga, sekaligus memberikan himbauan dan sampaikan pesan pesan Kamtibmas secara langsung kepada warga agar tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan masing masing.

Kegiatan patroli wilayah tersebut seperti yang dilaksanakan oleh anggota jaga Polsek Suruh Polres Trenggalek yang dipimpin oleh Ka SPKT B Aiptu Sumarji, yang pada malam ini Selasa (14/05) melaksanakan patroli sekaligus cangkruan dan dialogis bersama para warga yang sedang melaksanakan ronda di pos ronda Rt 18 Rw 08 Dusun Krajan Desa Suruh Kecamatan Suruh.

Dalam kesempatan itu, petugas patroli dari Polsek Suruh Polres Trenggalek memberikan himbauan untuk tetap menjaga stabilitas keamanan yang aman dan kondusif, dan kami minta warga jangan mudah terprovokasi dengan beredarnya berita berita bohong (hoax) yang banyak dijumpai medsos.

“Kami minta kepada para petugas pos kamling dapat menjalankan tugas jaganya dengan penuh tanggung jawab serta selalu menjalin tali silaturahmi bersama petugas kamling lainnya, karena sistem keamanan paling bawah sangat penting, dan saya sampaikan kepada warga apabila ada tamu yang menginap 1×12 jam harus segera melapor kepada ketua Rt dan Rw setempat untuk mengantisipasi terjadinya aksi terorisme, jangan sampai lingkungan kita di jadikan ajang persembunyian para pelaku terorisme,” jelas Aiptu Sumarji

Ia juga menyampaikan agar kemampuan petugas kamling jangan sampai mengendor termasuk kemampuan salah satunya membunyikan tanda bahaya.

“Petugas jaga Poskamling agar dapat mengatur pembagian tugas jaga, jangan semua ada di pos sebagian ada juga yang melakukan ronda keliling lingkungan dan untuk membunyikan kentongan harus sesuai dengan petunjuk,” tambah Aiptu Sumarji.

Bhabinkamtibmas Desa Puru Polsek Suruh Polres Trenggalek Bripka Dian Dwi Pratomo yang ikut dalam patroli tersebut juga mengingatkan kepada petugas Poskamling apabila terjadi gangguan kamtibmas segera melapor ke Polsek Suruh Polres Trenggalek untuk bersama sama dilaksanakan antisipasi agar tidak sampai meresahkan masyarakat.

“Kami minta apabila ada suatu kejadian yang menggangu, meresahkan dan membahayakan masyarakat segera untuk menghubungi dan melapor kepada Polsek Suruh Polres Trenggalek,” ucap Bripka Dian.

Salah satu warga yang ikut pos Kamling menyampaikan apresiasi dengan kedatangan anggota Polsek Suruh Polres Trenggalek, “Terima kasih pak polisi atas nasehatnya dan akan kami laksanakan dalam tugas, memang pada dasarnya pos kamling adalah penanganan awal bila terjadi suatu masalah maupun persoalan selanjutnya di serahkan kepada pihak Kepolisian,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP Wardjito, SH saat dikonfirmasi mengatakan bahwa anggota jaga Polsek Suruh secara rutin melaksanakan giat patroli serta selalu menghampiri warga yang sedang berkumpul ataupun cangkruan guna untuk di ajak secara bersama sama dan berpartisipasi menjaga lingkungannya agar warga dapat merasakan kenyamanan.

“Kehadiran petugas Polri ditengah tengah masyarakat diharapkan mampu dan bisa mengayomi warga di wilayah tugasnya juga di harapkan mampu menjadi pelayan bagi warga dengan baik, bila ada warga masyarakat yang sedang membutuhkan kehadiran polri dan membutuhkan bantuan di harapkan bisa datang dengan cepat serta bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi,” tutup AKP Wardjito, SH