Wujud Konsekuensi dalam Menjaga Kamtibmas Kondusif, Lakukan Blue Light Patrol

Polres Trenggalek – Langkah-langkah Personil Polsek Karangan Polres Trenggalek yang diambil menyisir tempat-tempat yang dianggap rawan kriminalitas dan penyakit masyarakat (Pekat) melalui Blue Light Patrol yang dilaksanakan pada malam hari ditandai dengan menyalanya lampu rotator berwarna biru, jumat(24/05/19).

Strada patroli berjalan dengan kecepatan sangat minim menyusuri rute patroli yang telah ditentukan. Patroli malam di antaranya di kantor Perbankkan, kantor Pemerintahan, ATM, Pertokoan, SPBU, dan tempat-tempat rawan gangguan kamtibmas lainnya.

Kegiatan yang dimulai pada malam hari dilaksanakan diwilayah Kecamatan Karangan dengan pola patroli dialogis. Dengan pola ini dimaksudkan agar masyarakat lebih merasakan kehadiran Polisi ditengah-tengah mereka. Lampu rotator dinyalakan pada saat melaksanakan Patroli (Blue Light Patrol), saat berhenti atau parkir dan berkomunikasi atau dialogis dengan masyarakat.

“Blue Light Patrol adalah suatu bentuk kegiatan preventif kepolisian dengan menempatkan keberadaan polisi di tengah-tengah masyarakat untuk menekan dan mencegah terjadinya gangguan kamtibmas dengan melaksanakan patroli di tempat rawan kriminalitas, terutama di objek vital dan di pusat keramaian guna ciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” ucap Kapolsek Karangan. AKP Sutrisno S.H.