Pemeriksaan Dan Bagi Takjil Gratis Oleh Tenaga Medis Puskesmas Suruh

Polres Trenggalek – Bulan Ramadhan merupakan suatu bulan yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya oleh seluruh umat Muslim didunia tak terkecuali di Indonesia, karena kesucian dan keberkahannya, selama satu bulan penuh umat Islam melaksanakan puasa dari fajar hingga berkumandangnya adzan Magrib, selama lebih dari 12 jam menahan lapar dan dahaga, momen berbuka puasa menjadi hal yang sangat berkesan bagi yang menjalankannya. Sehingga, di beberapa tempat seringkali ditemui adanya pembagian takjil gratis yang disediakan oleh orang orang yang ingin berbagi di bulan Ramadhan.

Bagi umat Muslim, memberi makanan atau minuman bagi orang lain yang hendak berbuka puasa menjadi kewajiban meskipun hanya seteguk air, guna untuk menenuhi kewajiban memberikan takjil kepada warga yang sedang berpuasa pada sore ini, Sabtu (25/05) Puskesmas Suruh mengelar bhakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan secara gratis sekaligus membagikan takjil kepada warga yang sedang melintas didepan Puskesmas Suruh jalan Suruh – Dongko Desa Suruh Kecamatan Suruh.

Ny Anik Wahyu Agus Utoyo Kepala Urusan Puskesmas Suruh yang juga selaku ketua panitia pembagian takjil menyampaikan bahwa tujuan dari pembagian takjil dan pemeriksaan kesehatan gratis ini adalah untuk lebih mendekatkan Puskesmas Suruh dengan warga masyarakat dan agar kita bisa memaknai bulan suci ramadhan ini dengan lebih peduli dan berempati terhadap sesama, terlebih bulan suci ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat dan ampunan.

“Disamping itu semua bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan gratis dan pembagian takjil gratis dibulan ini bertujuan untuk lebih menyemarakan bulan suci ramadhan dan bentuk terima kasih kepada masyarakat. selain itu ajang seperti ini juga bermanfaat sebagai sarana sosialisasi yang efektif dalam mengajak masyarakat untuk tak lupa berbagi mumpung di bulan ramadhan,” tambahnya

Pegawai Puskesmas Suruh yang bertugas dalam pembagian takjil ini tampak begitu gembira melihat sambutan dan antusias para pengendara yang melintas saat menerima paket takjil yang di bagikan.

Salah seorang pengguna jalan yang menerima takjil mengatakan Kegiatan berbagi takjil ini sangat bagus dan mempermudah pengguna jalan yang melakukan perjalanan untuk segera menyempurnakan puasanya, “Pembagian Takjil gratis ini sangat membantu, khususnya para pengendara yang tidak membawa bekal jadi bisa segera membatalkan puasanya begitu adzan maghrib berkumandang,” ujarnya.

Guna untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam pembagian takjil sekaligus pemeriksaan dan pengobatan gratis tersebut Polsek Suruh Polres Trenggalek menerjunkan empat personil yang dipimpin oleh Aiptu Suwito serta dibantu oleh dua personil dari Posramil Suruh.

Dalam kesempatan itu, Ps Kasi Humas Polsek Suruh Polres Trenggalek Aiptu Suwito, SH sambil membantu membagikan takjil dan juga mengatur lalulintas tidak lupa untuk memberikan himbauan Kamtibmas serta mengajak para pengendara untuk selalu tertib berlalu lintas dan mentaati seluruh peraturan lalulintas untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalulintas yang bisa merugikan diri sendiri dan penguna jalan yang lain.

Sementara itu, Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP Wardjito, SH saat dikonfirmasi melalui sambungan telephone mengatakan bahwa sangat mengapresiasi sekali dengan giat yang dilaksanakan oleh Puskesmas Suruh berupa pemeriksaan, pengobatan dan pembagian takjil secara gratis, dan untuk membantu jalannya kegiatan tersebut telah memerintahkan dan menerjunkan personil dari Polsek Suruh untuk mengawal secara langsung kegiatan pembagian takjil untuk menghindari terjadinya Lakalantas ataupun gangguan Kamtibmas lainnya.

“Polsek Suruh Polres Trenggalek akan selalu memberikan pengamanan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat baik diminta maupun tidak diminta, karena itu sudah bagian dari tugas Polisi untuk melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat dan semoga kegiatan semacam ini akan bisa berlanjut terus,” pungkas AKP Wardjito, SH