Padat Pengunjung, Polisi Siagakan Personel Pengamanan Wisata

Polres Trenggalek – Memasuki hari H+4 Lebaran, ribuan pengunjung memadati area wisata di Trenggalek khususnya wilayah pesisir Watulimo dan Panggul. Wisatawan tidak hanya datang dari Trenggalek melainkan dari luar kota turut memenuhi lokasi wisata pantai tersebut.

Tingginya animo masyarakat berwisata menyebabkan beberapa ruas jalan menuju Watulimo dan Panggul mengalami kepadatan cukup signifikan. Disimpang empat Durenan, selain menuju kota Trenggalek, kepadatan lalu lintas juga terpantau dari arah menuju Watulimo yang didominasi oleh roda empat jenis mini bus dan sepeda motor. Demikian pula di simpat empat Karangan dan Suruh menuju arah kecamatan Panggul. Sabtu (08/06)

Kapospam Durenan AKP Solichin, S.H yang juga menjabat sebagai Kapolsek Durenan menegaskan, untuk mengantisipasi kemacetan dan antrian panjang kendaraan, seluruh personel Pospam di backup Polsek telah diturunkan di sepanjang jalur utama Nasional tersebut.

“Kita lakukan sistem buka tutup mengingat kendaraan yang melintas cukup padat utamanya menuju Trenggalek dan Watulimo.” Ungkap AKP Solichin

Sementara itu, Kapospam Watulimo AKP Saiful Rokhman, S.H. mengungkapkan, diperkirakan hari Sabtu dan Minggu besok merupakan puncak kunjungan wisatawan di Watulimo. Selain bertepatan dengan hari libur, juga merupakan hari akhir dari cuti bersama sehingga banyak warga yang memanfaatkan untuk berwisata.

“Lonjakan pengunjung lebih banyak berada di pantai Pasir Putih diperkirakan mencapai 6.030 orang, sedangkan di pantai Prigi kisaran 1.920 orang. Sisanya berada di pantai cengkrong dan guo lowo” Jelas AKP Saiful.

Guna menjaga kenyamanan dan keamanan wisatawan, pihaknya telah menurunkan personel untuk berjaga dan memantau situasi pada spot padat pengunjung termasuk area parkir. Sedangkan petugas Pospam diarahkan membantu pengaturan arus lalu lintas disepanjang jalur sekaligus sebagai pusat kendali dan informasi.

Senada, Kapospam Panggul Iptu Puguh Wardoyo, S.H., menuturkan, jumlah wisatawan di pantai Pelang dan Pantai Konang turut mengalami peningkatan dibanding hari-hari biasa. Sedikitnya 1.250 orang yang didominasi kendaraan roda dua memadati area Pantai Pelang untuk berwisata. Sedangkan dipantai Konang diperkirakan mencapai 1.300 pengunjung.

“Petugas kita sebar diarea pantai untuk membantu pengamanan bekerjasama dengan pihak pengelola” Jelas Iptu Puguh

Mengingat pantai Pelang dan Konang memiliki karakter pantai selatan dengan ombak yang cukup tinggi, Iptu Puguh mengingatkan kepada para wisatawan agar tidak mandi di laut. Bahkan pihaknya telah memasang banyak papan peringatan agar wisatawan lebih waspada dan berhati-hati.

“Kami imbau para pengunjung agar tidak mandi dilaut. Berbahaya.” Pungkasnya