Petugas Selalu Ingatkan Warga Akan Bahaya Balon Api Udara

Polres Trenggalek – Meskipun jauh-jauh hari sudah seringkali diberikan himbauan dan sosialisasi baik dari Kepolisian maupun Dinas Perhubungan akan bahaya menerbangkan balon api udara, namun faktanya masih banyak balon udara bertebaran diudara pada waktu lebaran Idul Fitri tiba.

Seperti yang terlihat di dusun Kedungwaru Desa Kedungsigit Kecamatan Karangan, tampak beberapa balon udara membumbung dilangit. Menyikapi hal tersebut tak bosan-bosannya petugas Patroli dari Polsek Karangan Polres Trenggalek mengingatkan pada warga akan bahaya menerbangkan balon udara, Rabu (12/06).

“Kami sudah melakukan penyisiran kebeberapa wilayah di Kecamatan Karangan untuk menghimbau kepada warga tentang larangan penerbangan balon udara, ada beberapa yang berhasil dicegah, namun memang ada beberapa yang sudah terlanjur diterbangkan,” ujar Aiptu Maryakub.

Meski ada ancaman pidana karena menerbangkan balon, namun pihaknya masih sebatas melakukan upaya preventif. Pasalnya, selain tradisi, banyak warga yang tidak tahu jika aktifitas menerbangkan balon udara dapat membahayakan keselamatan transportasi penerbangan dan juga bisa menimbulkan kebakaran apabila jatuh diperkebunan maupun perumahan warga.

Walaupun sudah banyak himbauan warga tetap berkelit bahwa kegiatan menerbangkan balon tersebut merupakan tradisi di setiap momen Lebaran. Tradisi penerbangan balon ini tidak terpusat di satu titik, melainkan dilakukan di beberapa daerah di wilayah Karangan.

Namun begitu salah seorang warga Dusun Kedungwaru yang sempat menerbangkan balon udara dan berhasil ditemui oleh petugas dari Polsek Karangan Sdr. Mulyani mengatakan, “Meski sudah menjadi tradisi tahunan, kalau memang dilarang ya tidak akan saya ulangi, apalagi kalau ternyata bisa membahayakan nyawa orang dan untuk lebaran tahun depan kami akan mengurungkan niat untuk menerbangkan balon yang lebih besar,” ujarnya.