Kapolsek Pule Hadiri Kegiatan di Hotel Jaaz

Polres Trenggalek – Senin ( 24/6 ), Iptu Suraji,S.H.,M.H., Kapolsek Pule Polres Trenggalek bersama personel Bhabinkamtibmas Polsek menghadiri kegiatan sosialisasi dalam kemampuan pengananan konflik sosial di wilayah, di Hotel Jaaz Permai pada siang kemarin. Sosialisasi dilaksanakan dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang aman, tenteram, damai dan sejahtera serta memelihara kondisi damai dan harmonis dalam hubungan sosial kemasyarakatan. Meningkatkan tenggang rasa dan toleransi, memelihara fungsi pemerintahan, melindungi jiwa, harta benda, serta sarana dan prasarana umum.

 

Ditemui dilokasi berbeda Iptu Suraji,S.H.,M.H., menjelaskan mengenai pengertian konflik sosial dari sudut pandang hukum indonesia. Dijelaskanya konflik sosial merupakan perseteruan dan/atau benturan fisik dengan kekerasan antara dua kelompok masyarakat atau lebih yang berlangsung dalam waktu tertentu dan berdampak luas yang mengakibatkan ketidakamanan dan disintegrasi sosial sehingga mengganggu stabilitas nasional dan menghambat pembangunan nasional.

 

Dalam penanganan konflik sosial masih dari Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji, melakukan pencegahan konflik, pemerintah dan pemerintah daerah harus mengoptimalkan penyelesaian perselisihan secara damai melalui musyawarah mufakat dengan melibatkan tokoh masyarakat seperti tokoh agama, tokoh adat dan atau unsur masyarakat lainnya termasuk pranata adat dan pranata sosial.

 

Adapun tindakan darurat penyelamatan dan perlindungan korban yang dilakukan pemerintah dan pemerintah daerah itu di antaranya meliputi sejumlah tindakan. Diantaranya, Penyelamatan, evakuasi, dan identifikasi korban konflik, Pemenuhan kebutuhan dasar korban konflik, Pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi, termasuk kebutuhan spesifik perempuan, anak-anak, dan kelompok orang yang berkebutuhan khusus, Perlindungan terhadap kelompok rentan, Sterilisasi tempat yang rawan konflik, Penegakan hukum dan Penyelamatan harta benda korban.