Tingkatkan Kerjasama Lintas Sektor, Puskesmas Suruh Gelar Minlok

Polres Trenggalek – Wakapolsek Suruh Polres Trenggalek Iptu Sugiyanto beserta Ps Kasi Humas Aiptu Suwito, SH menghadiri kegiatan Sosialisasi Mini Lokakarya Lintas Sektor Triwulan Puskesmas Suruh Tahun 2019 bertempat di Aula Kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek. Senin (24/06).

Kegiatan Mini Lokakarya ini dihadiri pula oleh Kepala Puskesmas Suruh dr Aneka Yenny, Camat Suruh Drs Agus Utoyo, Danposramil Suruh Letda Inf Sutopo yang diwakili oleh Batuud Posramil Suruh Serka Muguh Raharjo, Kepala Desa se Kecamatan Wonosari, Perwakilan tokoh agama dan tokoh masyarakat, Perwakilan Karang Taruna Serta para bidan dan perawat Puskesmas Suruh.

Kepala Puskesmas Suruh dr Aneka Yenny mengatakan bahwa Mini Lokakarya Kesehatan Lintas Sektoral Bidang Kesehatan ini merupakan suatu pertemuan antar petugas Puskesmas dengan sektor terkait (lintas sektoral) untuk meningkatkan kerjasama tim dalam kesempatan ini mensosialisasikan tentang Desa ODF (Open Defecation Free) adalah suatu tindakan Stop Buang air besar sembarangan / perilaku hidup sehat, diharapkan Warga Masyarakat yang sudah membangun ataupun di bangunkan jamban agar tidak lagi buang air besar di sungai agar tidak mengakibatkan pencemaran Udara dan penyakit menular.

Sementara Drs Agus Utoyo selaku Camat Suruh dalam penyampaiannya menegaskan kepada seluruh kepala desa agar dana desa dimaksimalkan penganggarannyan untuk kesehatan, tentu dengan mekanisme dan regulasi yang berlaku, selain itu masyarakat agar cepat merespon dan melaporkan kepada puskesmas jika ada penyakit yang banyak di derita oleh masyarakat disekitar lingkungan, dan ini bagian dari sinergitas itu sendiri.

Kades Suruh Gunawan dalam kesempatan itu, menyampaikan ucapan terima kasih kepada UPT Puskesmas Suruh yang menjadikan Desa Suruh sebagai lokasi Deklarasi ODF.

Selama ini Desa Suruh sangat diperhatikan oleh UPT Puskesmas Suruh dalam peningkatan kesehatan masyarakat, semoga ke depan masyarakat Desa Suruh akan semakin sehat.

Saat diberi kesempatan untuk memberikan sambutan Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP Wardjito, SH melalui Wakapolsek Suruh Iptu Sugiyanto menyampaikan himbauan dan pesan pesan Kamtibmas sekaligus memberikan saran agar Puskesmas Suruh meningkatkan pelayanan bidang kesehatan melalui berbagai program Puskesmas dan Polsek Suruh Polres Trenggalek akan berkomitmen untuk membantu menyukseskan program pembangunan jamban di wilayah Kecamatan Suruh dengan mengerahkan anggota Bhabinkamtibmas yang ada disetiap Desa