Peran Serta Para Tokoh diperlukan dalam Bantu Jaga Wilayah Tetap Aman dan Kondusif

Polres Trenggalek – Guna menjaga, memelihara serta meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), Bhabinkamtibmas Polsek Karangan Polres Trenggalek rutin melakukan tatap muka dan silaturahmi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda diwilayah Desa binaan masing-masing.

Kegiatan tersebut bertujuan agar semua elemen dapat membantu pihak kepolisian dalam memelihara dan meningkatkan keamanan di wilayah hukum Polsek Karangan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Kerjo Brigadir Asngari yang menyambangi Bapak Sumarno yang merupakan salah seorang tokoh masyarakat di Dusun Mboto Desa Kerjo Kecamatan Karangan, Rabu (10/07).

“Untuk memelihara dan meningkatkan kamtibmas, diperlukan sinergi antara masyarakat dan Polri. Hubungan ini dapat dilihat dari peran aktif masyarakat dalam membaca situasi dan kondisi dilingkungannya,” kata Brigadir Asngari.

Peran aktif masyarakat, lanjutnya, sangat penting dalam membantu kepolisian memelihara kamtibmas. “Kepolisian berfungsi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Karena itulah, dibutuhkan kerja sama serta peran aktif masyarakat.”

“Sambang dan silaturahmi seperti ini sangat penting dilakukan, karena salah satu diantaranya bisa bertukar informasi tentang kamtibmas serta menggandeng para tokoh masyarakat, tokoh agama maupun tokoh pemuda untuk membantu memelihara kamtibmas,” pungkas Brigadir Asngari.

Ditempat terpisah Kapolsek Karangan AKP Sutrisno,S.H. mengatakan, “Kegiatan sambang dan silaturahmi juga berguna untuk menjalin hubungan yang baik antara Polisi dengan para tokoh, untuk membangun soliditas dan kemitraan guna bersatu padu dalam menjaga kamtibmas sekaligus memberikan pemahaman bahwasanya kamtibmas merupakan kebutuhan pokok bersama. Semoga dengan kegiatan sambang dan silaturahmi ini, kedepan Pilar kamtibmas semakin terjaga, sehingga situasi kamtibmas diwilayah hukum Polsek Karangan senantiasa aman dan kondusif,” terang Kapolsek Karangan.