Peduli Kelestarian Habitat Penyu, Polsek Watulimo Ikuti Pelepasliaran Tukik

Polres Trenggalek – Beberapa hari yang lalu, nelayan Pantai Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek menemukan sedikitnya 40 (empat puluh) ekor anak penyu (tukik). Selasa (16/17).

Setelah dirawat beberapa saat, hari ini dengan mengambil tempat di pantai Prigi Watulimo seluruh tukik tersebut dilepas kembali ke habitat aslinya.

Wakapolsek Watulimo Polres Trenggalek Ipda Jotomo, S.H yang mengikuti kegiatan bersama Bhabinkamtibmas Aipda Bambang PB serta sejumlah instansi samping maupun kelompok nelayan Desa Tasikmadu mengatakan bahwa pelepas liaran ini bertujuan untuk menjaga kelestarian dan habitat penyu.

“Kami kagum atas kepedulian masyarakat khususnya nelayan Desa Tasikmadu untuk turut menjaga kelestarian penyu yang merupakan hewan dilindungi di Indonesia,” ujar Jotomo.

Ditempat yang sama Bhabinkamtibmas Aipda Bambang PB juga mengapresiasi atas kesadaran masyarakat nelayan yang ada di desa binaannya untuk tetap memegang komitmen dalam menjaga kelestarian penyu yang dilindungi, sehingga bisa menjadi pelopor bagi masyarakat nelayan di daerah lainnya.

Sementara itu ditempat terpisah Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Saiful Rokhman, S.H menambahkan bahwa dengan pelepas liaran ini, diharapkan kelestarian penyu dapat terjaga hingga dapat dinikmati oleh anak cucu kita.

“Sehingga laut ini terus bisa menjadi laboratorium raksasa yang tetap bisa dinikmati oleh anak cucu kita kelak,” pungkasnya.