Wakapolsek Karangan menghadiri kegiatan Sosialisasi Adipura Desa, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup

Polres Trenggalek – Pada Rabu 17 juli 2019 bertempat di aula Kantor Kecamatan Karangan telah dilaksanakan Sosialisasi Pelaksanaan Lomba Adipura Desa oleh Tim Penilai Desa Kabupaten Trenggalek dari Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup. Kegiatan dimulai pukul 10.00wib sampai dengan 12.00wib.

Acara tersebut dihadiri oleh Sulistyo Eko Nugroho ST Mkes Kasi Pemeliharan dan Pemulihan Dinas Perumahan dan Lingkungan Hidup, Ibu Hj. Mutia Forum Sehat Kabupaten Trenggalek, Sholikin, SIP. MSi Camat Karangan, IPTU Mujiono, S.H Wakapolsek Karangan, Pelda Riyanto mewakili Danramil Karangan, Dr. Tita Riskana Kepala PKM Karangan ikut sertakan pemegang Promkes dan Kesling, Kepala Desa se-Kecamatan Karangan beserta 3 orang perangkat desa dan Ketua TP PKK se-Kecamatan Karangan.

Sambutan diawali Camat Karangan dengan mengucapkan salam kepada Muspika atau yang mewakili dan tamu undangan, kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan maksud dan tujuan dilaksanakannya lomba, “Latar belakang perlunya dilakukan lomba Adipura Desa adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih, karena kebersihan lingkungan menjadi tanggung jawab kita semua dan perlu kita contohkan kepada anak-anak sekolah dengan membuang sampah pada tempatnya, bahkan sampah yang bisa didaur ulang bisa di jual lagi dan uangnya untuk uang saku kesekolah,” jelas Camat Karangan.

Kemudian dilanjutkan Sosialisasi oleh Bpk. Yayat dari Dinas PKPLH dan tim penilai lomba Adipura Desa tentang kriteria lomba dan file isian, “Alhamdulillah di Kecamatan Karangan sudah ada Bank sampah yang merupakan item yang baik, melalui lomba ini masing-masing desa harus ada TPS ( tempat pembuangan sampah ) untuk yang belum ada silahkan mengajukan karena masih ada sisa dana untuk pengajuan TPS. Penetapan pemenang lomba adipura desa berdasarkan kategori desa, sedangkan mekanisme penilaian lomba adipura desa untuk non fisik administrasi akan diberikan isian file dan selanjutnya akan dilaksanakan verifikasi lapangan oleh tim. Lomba dimulai bulan Agustus sampai dengan Desember 2019,” ucap Bpk. Yayat.

Wakapolsek Karangan dalam kesempatan tersebut juga menyisipkan pesan-pesan, “Dengan adanya lomba Adipura Desa ini diharapkan kedepan akan tumbuh kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan serta menjadi gaya hidup untuk selalu berperilaku hidup bersih dan sehat. Dalam pelaksanaan lomba nanti diharapkan sportifitas dari masing-masing Desa, serta diharapkan selain menjaga kebersihan juga tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sehingga seluruh wilayah Kecamatan Karangan selalu nyaman dan kondusif,” tegas Wakapolsek Mujiono.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemberian materi lomba Adipura Desa oleh Ibu Hj. Mutia dari Forum Sehat Kabupaten Trenggalek dan dilanjutkan dengan giat tanya jawab. Seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar dan aman.