Bhabinkamtibmas Ikuti Musrenbang Desa Serentak di Desa Binaan Masing-masing

Polres Trenggalek – Keberadaan Bhabinkamtibmas ditiap desa binaan diharapkan dapat memberikan kontribusi dan peranan penting bagi desa binaan serta masyarakatnya. Tidak hanya dalam pemeliharaan situasi Kamtibmas Bhabinkamtibmas juga diharapkan mampu melaksanakan monitoring perkembangan pembangunan di desa binaannya masing-masing.

Sebagai bentuk implementasi dari tupoksinya, Bhabinkamtibmas Polsek Karangan menghadiri giat Musrenbang Desa dalam rangka membahas dan menyepakati Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Tahun 2019-2025 yang dilaksanakan serentak di empat Desa yaitu Desa Sukowetan, Desa Jati, Desa Buluagung dan Desa Ngentrong, bertempat di Balai Desa dan dihadiri oleh masing-masing Bhabinkamtibmas, Kamis (18/07).

Ikut hadir dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) antara lain Camat Karangan, Tiga Pilar Desa, Ketua Rt dan Rw masing-masing Desa, BPD, Karang Taruna serta Tokoh Masyarakat.

Acara Musrenbang dibuka oleh Kepala Desa dan membahas rencana pembangunan wilayah Desa masing-masing untuk tahun 2019 mendatang. Tujuan dilaksanakannya Musrenbangdes ini untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, mulai dari pembangunan bidang kesehatan, pendidikan dan infrastruktur yang diharapkan hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Desa Ngentrong Bripka Joko Utomo memberikan himbauan, “Diharapkan dalam pelaksanaan pembangunan nanti seluruh pihak terkait dan juga masyarakat ikut aktif mengawasi dalam pelaksanaannya, sehingga diharapkan tidak terjadi penyalahgunaan anggaran dan bisa tepat guna untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Untuk Bhabinkamtibmas di Desa lain pun menyampaikan himbauan serupa terkait pengawasan penggunaan anggaran agar tidak terjadi penyimpangan yang dapat merugikan masyarakat, dan apabila ada laporan pelanggaran dan terbukti melakukan penyimpangan maka akan diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku.