Enam Personil Polsek Karangan Hadiri Sosialisasi Delapan Pilar STBM “Sanitasi Total Berbasis Masyarakat”

Polres Trenggalek – Hadiri undangan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek, Anggota Polsek Karangan sebanyak enam personil mengikuti Sosialisasi 8 Pilar STBM.”Sanitasi Total Berbasis Masyarakat” Bertempat di Aula Puskesmas Karangan. Kabupaten Trenggalek Rabu (17/07/19).

Sosislisasu STMB delapan Pilar di   hadiri oleh : Kepala Puskesmas Karangan,Kepala Desa Jatiprahu dan Jati, Kader Kesehatan Se Kecamatan Karangan, dan enam personil Bhabinkamtibmas dari Polsek Karangan.

Acara tersebut di awali dengan pembukaan oleh Kepala Puskesmas Karangan dr.Tita Riskana. Menyampaikan perkenalan diri serta penyampaian Pengertian dari pada STBM “Sanitasi Total Berbasis Masyarakat” upaya mengajak masyarakat untuk melakukan kebiasaan hidup yang sehat.

“Sanitasi total berbasis Masyarakat adalah suata program intervensi yang menitik beratkan pada pencapaian kondisi sanitas total di masyarakat melalui perubahan perilaku higienis dengan memberdayakan seluruh komponen di dalam masyarakat” ujar dr.Tita Riskana

Sanitasi Dasar adalah sarana sanitasi rumah tangga yang meliputi sarana buang air besar, sarana pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga. Sanitasi total adalah kondisi ketika suatu komunitas tidak buang air besar (BAB) sembarangan, mencuci tangan pakai sabun, mengelola air minum dan makanan yang aman, mengelola sampah dengan benar, mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman, jelasnya.

Dengan adanya Sosislisasi STBM diharapkan masyarakat khususnya Kecamatan Karangan memahami betapa pentingnya kesehatan untuk masyarakat dan diharapkan di tahun 2019 masyarakat di kecamatan karangan, seluruh rumah tangga sudah memiliki MCK/ jamban sehingga masyarakat tidak lagi Buang Air Besar disembarang tempat.”pungkasnya.