Pembekalan Cyber Crime Pada Golongan Millenial

Polres Trenggalek – Cyber Crime materi pembekalan yang disampaikan Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji,S.H.,M.H., pada siswa baru SMU Negeri 1 Pule, di ruang aula Ar raudloh pada Kamis ( 18/7 ). Kegiatan yang dilaksanakan dalam tujuan membekali golongan millenial terhadap penyalah gunaan dunia cyber, dengan banyaknya media sosial yang dimiliki atau diminati usia remaja.

Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji mengatakan Cyber Crime adalah suatu aktivitas kejahatan di dunia maya dengan memanfaatkan jaringan komputer sebagai alat dan jaringan internet sebagai medianya.

 

Dalam arti luas, pengertian cyber crime adalah semua tindakan ilegal yang dilakukan melalui jaringan komputer dan internet untuk mendapatkan keuntungan dengan merugikan pihak lain. Dalam arti sempit, pengertian cybercrime adalah semua tindakan ilegal yang ditujukan untuk menyerang sistem keamanan komputer dan data yang diproses oleh suatu sistem komputer katanya dalam penyampaianya di depan murid baru SMU Negeri 1 Pule.

Iptu Suraji mengatakan lebih lanjut, Cyber crime atau kejahatan dunia maya dapat dilakukan dengan berbagai cara dan beragam tujuan. Kejahatan dunia maya ini umumnya dilakukan oleh pihak-pihak yang mengerti dan menguasai bidang informasi transaksi elektronik.

 

Salah satu poin penyampaian Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji dalam kegiatan pembekalan Cyber Crime, salah satu bentuk adanya kejahatan cyber adanya kejahatan dengan memasukkan data atau informasi ke internet tentang sesuatu hal yang tidak benar, tidak etis, dan dapat dianggap melanggar hukum atau mengganggu ketertiban umum. Sebagai contohnya adalah pemuatan suatu berita bohong atau fitnah yang akan menghancurkan martabat atau harga diri pihak lain, hal-hal yang berhubungan dengan pornografi atau pemuatan suatu informasi yang merupakan rahasia negara, agitasi dan propaganda untuk melawan pemerintahan yang sah.