Bersama Forkopimda, Kapolres Trenggalek Sambut Kedatangan Pangdam V Brawijaya

Polres Trenggalek – Kepala Kepolisian Resort Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. turut hadir menyambut kedatangan Panglima Kodam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi di pendopo Kabupaten Trenggalek. Kamis (08/08)

Kedatangan rombongan Pangdam V Brawijaya tersebut dalam rangka menghadiri upacara penutupan TMMD Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019 yang dipusatkan di Desa Surenlor Kecamatan Bendungan yang telah dilaksanakan selama hampir satu bulan terakhir.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Trenggalek H.M. Nur Arifin, Dandim 0806 Letkol Inf. Dodik Noviato, SS., Kajari yang diwakli oleh Kasi Intel Mohammad Taufik, Pejabat utama Kodam V Brawijaya, Kepala OPD Pemkab Trenggalek serta Muspika Kecamatan Bendungan.

Dalam amanatnya Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi menegaskan program TMMD merupakan program lintas sektoral dan merupakan bagian dari kegiatan pembinaan teritorial dan pemberdayaan pertahanan wilayah darat melalui pembangunan infrastruktur dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Program TMMD TA 2019 yang dilaksanakan selama 30 hari selain bertujuan mewujudkan kemanunggalan TNI dengan masyarakat, juga merupakan wahana semangat gotong royong dan cinta tanah air, wawasan kebangsaan serta ketahanan nasional, guna menjaga keutuhan NKRI.” Ujar Pangdam dihadapan peserta upacara yang terdiri dari TNI. Polri, isntansi terkait, ormas kepemudaan dan mahasiswa.

Dihubungi terpisah, AKBP Didit menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi dan bangga Kabupaten Trenggalek menjadi salah satu lokasi TMMD. Selain secara nyata telah membawa manfaat melalui pemberdayaan dan pembangunan infrastruktur dan SDM, TMMD juga menjadi sarana perekat dan sinergitas antara TNI, Polri dan masyarakat.

“Apresiasi dan terima kasih kepada rekan-rekan TNI atas pelaksanaan TMMD di Kabupaten Trenggalek yang terbukti telah membawa dampak positif tidak hanya aspek ekonomi maupun kesejahteraan tetapi juga wawasan dan pengetahuan warga yang tentunya lebih meningkat” Ucap AKBP Didit

Seremonial penutupan TMMD ditandai dengan pemukulan gong oleh Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi, dilanjutkan dengan penampilan atraksi beladiri dari IPSI Kabupaten Trenggalek, pemberian paket sembako secara simbolis kepada warga Desa Surenlor, serta peninjauan posko TMMD dan stan yang telah disiapkan di lokasi.

Di Kabupaten Trenggalek, sasaran TMMD terbagi menjadi 2 lokasi yakni Desa Sumurup dan Desa Dompyong, keduanya berada di Kecamatan bendungan. Selain kegiatan berupa pembangunan infrastruktur, peserta TMMD juga menggelar kegiatan non fisik seperti penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, pertanian dan peternakan, penanggulangan bencana, pengajian, bahaya Narkoba hingga informatika dan pemutaran Film.