Bhabinkamtibmas Dampingi Sosialisasi Double Eliminasi Demam Berdarah

Polres Trenggalek – Bripka Andik Iswahyudi Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek menghadiri kegiatan Sosialisasi Double Eleminasi Demam berdarah dan Hepatitis melalui Gerakan Indonesia Bersih dari mahasiswa KKN IAIN Tulungagung dan IAIN Kediri di balai desa Tanggaran. Senin ( 12/8 ).

Selain dari unsur Bhabinkamtibmas, kelengkapan dalam Tiga pilar desa Tanggaran juga terlihat di depan adanya Kades Jemiyo dan Babinsa Koramil 0806/10 Pule Serda Imam.

Dari hasil pantuan Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek Bripka Andik Iswahyudi dirinya mengatakan, dalam sosialisasi double eliminasi demam berdarah merupakan tindakan  dengan melakukan sosialisasi khusus, fogging massal, dan pembagian abate gratis.

Pada sosialisasi khusus terhadap masyarakat, Dinas Kesehatan di wilayah yang menjelaskan tentang bahayanya penyakit demam berdarah dengue (DBD)  dan memberikan arahan terhadap masyarakat dengan menerapkan pola 3M (Menutup, Menguras, dan Mengubur). Hal tersebut disampaikan Bripka Andik Iswahyudi dari hasil mendengarkan nada sumber pelaksana kegiatan.

Seperti diketahui, Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit tular vektor yang masih mewabah di Indonesia, yang disebabkan oleh virus dengue dengan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus sebagai vektornya. Penularan penyakit ini dimulai dengan adanya gigitan nyamuk pada seorang penderita DBD, yang kemudian menyebabkan virus dengue ikut terisap masuk ke dalam lambung nyamuk, melakukan proses perbanyakan diri, dan nantinya akan ditularkan ke orang lain lagi.