Antisipasi Abrasi, Polsek Watulimo Ikuti Giat Reboisasi di Pantai Cengkrong

Polres Trenggalek – Seiring masih tingginya kerawanan abrasi di muara pantai Cengkrong Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, Selasa (13/8) Polsek Watulimo bersama Perhutani, Pemdes Karanggandu dan stakeholder yang ada di Kecamatan Watulimo menggelar kegiatan reboisasi dan normalisasi di wilayah Pantai Cengkrong. Rabu (14/8).

Wakapolsek Watulimo Polres Trenggalek Ipda Jotomo, S.H yang hadir bersama anggota mengatakan bahwa kegiatan diawali dengan gerakan pembersihan sampah dan kemudian dilanjutkan penanaman sejumlah bibit pohon kelapa hibrida di sepanjang garis pantai.

“Sebagai upaya reboisasi dan normalisasi, kami menanam sejumlah pohon kelapa hibrida hingga di bibir pantai yang rawan akan abrasi oleh gelombang pasang air laut,” ujar Ipda Jotomo.

Masih menurut Ipda Jotomo, diharapkan melalui kegiatan ini, kelestarian alam khususnya di wilayah pantai Cengkrong bisa terjaga, sehingga ekosistem alam tetap seimbang.

“Setelah kegiatan penanaman kelapa ini, kami juga berencana menambah tanaman bakau, sehingga abrasi air laut bisa dihindari”, pungkasnya.

Ditempat terpisah Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Saiful Rokhman S.H, menambahkan bahwa kegiatan ini adalah upaya dari Kepolisian untuk selalu peduli dengan kelestarian lingkungan, sehingga akan memberikan dampak yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.