Kedepankan Dialogis Kamtibmas dengan Pedagang Pasar, Upaya Mengetahui Perkembangan Situasi Terkini

Polres Trenggalek – Menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat adalah tugas dan tanggung jawab Kepolisian, salah satu caranya adalah dengan melakukan patroli ke daerah-daerah yang rawan akan tindak kejahatan serta tempat berkumpulnya masyarakat untuk beraktivitas.

Kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan oleh Petugas Kepolisian dari Polsek Karangan, seperti yang terlihat pagi ini, Rabu (14/08/2019). Aiptu Ismani bersama rekannya Aiptu Maryakup melakukan patroli di area pasar subuh Pinggirsari Desa Karangan Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek.

“Patroli dialogis dengan para pedagang pasar juga selalu kami lakukan karena selain untuk memberikan himbauan dan pesan-pesan Kamtibmas, petugas dapat menggali langsung dari para pedagang mengenai perkembangan situasi Kamtibmas diwilayah Dusun Pinggirsari khususnya dan wilayah Kecamatan Karangan pada umumnya,”

Menurut Kapolsek Karangan Polres Trenggalek AKP Sutrisno,S.H. saat dikonfirmasi mengenai kegiatan anak buahnya yang sedang melakukan patroli dialogis ke pasar subuh mengatakan, “Patroli dialogis yang di lakukan oleh anggota Polsek Karangan yang sedang bertugas memang kita arahkan ke obyek vital, Kantor, pemukiman warga, pertokoan, tempat keramaian, pasar dan pusat perekonomian serta tempat yang rawan terjadinya tindak pidana lainnya,” ujar Aiptu Maryakup.

“Untuk patroli di pasar dan pusat perekonomian bertujuan untuk mencegah aksi premanisme, pungli serta kejahatan jalanan lainnya,” pungkas Aiptu Maryakub.