Tradisi Labuh Laut di Pantai Joketro, Sebagai Wujud Rasa Syukur.

Polres Trenggalek – Masyarakat Dusun Joketro Desa Nglebeng Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek adakan kegiatan ritual larung sesaji atau labuh laut sebagai ungkapan syukur atas berbagai rezeki dari hasil mencari ikan di laut serta permohonan keselamatan dalam melaut Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Turut hadir memeriahkan suasana Camat Panggul, Danramil Panggul, Kapolsek Panggul Iptu Puguh Wardoyo, S.H., M.H., Pejabat Pemkab Trenggalek dari Dinas Pariwisata, Kepala Desa Nglebeng Bhabinkabtibmas, Babinsa dan Tokoh Masyarakat serta para pengunjung dan warga masyarakat pantai Joketro. Senin (09/9/2019).

Tradisi turun menurun yang patut dilestarikan untuk kesejahteraan dan keselamatan sebelum Sesaji dilarung atau Labuh Laut, kirab arak – arakan Sesaji dibawa menyusuri Pantai Joketro di lanjutkan dengan Slametan Sesaji bersama dengan tujuan mencari Keberkahan dari sang Maha Pencipta.

Saat dikonfirmasi usai kegiatan Kapolsek Panggul Polres Trenggalek Iptu Puguh Wardoyo, S.H., M.H.,mengatakan “ Kegiatan labuh ini rutin dilakukan para nelayan setiap tahun sejak zaman nenek moyang, dan kegitan ini juga bentuk syukur itu bakal berbuah manis dalam musim ikan yang sudah di depan mata. ” terangnya.

Selain menjadi tempat wisata, pantai ini juga menjadi tambatan ekonomi warga sekitar yang menjadi nelayan. Tak urung, nelayan sekitar benar-benar menjaga ekosistem laut. Ritual tahunan pun rutin digelar sebagai upaya merawat kelangsungan hidup mereka dari hasil laut,” pungkas Iptu Puguh.