Polsek Karangan Pasang Imbauan Karhutla di Beberapa Titik Rawan Terjadi Kebakaran

Polres Trenggalek – Sebagai langkah antisipasi kebakaran hutan di musim kemarau seperti saat ini, Polsek jajaran Polres Trenggalek mengintensifkan pelaksanaan kegiatan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan “Karhutla” dengan melakukan berbagai upaya preventif dan preemtif. kamis(19/09/19).

Kapolsek Karangan Polres Trenggalek AKP Sutrisno S.H. Anggota Polsek Karangan, Bersama Tiga Pilar Desa, LMDH, KRPH, Mantri/Mandor Perhutani, serta masyarakat sekitar melakukan Imbauan melalui Pemasangan Banner Karhutla di Wilayah Kec Karangan. Kab Trenggalek.

Lokasi Pemasangan imbauan dilakukan di tiga titik rawan terjadi kebakaran diantaranya, Hutan Tumpak Wawur areal Petak 26. masuk Desa Sukowetan Kec. Karangan. Puncak Kedekan Perbatasan Gandusari-Karangan masuk Desa Jatiprahu Kec. Karangan. dan Kawasan masuk Hutan Desa Kayen Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek.

Saat dikonfirmasi Kapolsek Karangan AKP Sutrisno SH. mengatakan, pemasangan imbauan ini menindak lanjuti perintah Bapak Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K.,M.H. tentang adanya kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia dan menyebabkan kabut asap.

“Imbauan ini selain papan banner, juga menyebarluaskan melalui media sosial dan media daring agar lebih menjangkau masyarakat luas. Tujuannya untuk meningkatkan kewaspadaan guna mencegah kejadian serupa,” ungkapnya,

Selain itu juga untuk mengajak, menjaga serta merawat lingkungan, seperti salah satunya dengan cegah kebakaran lahan dan hutan misalnya dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan yang merupakan salah satu fakror Penyebab kebakaran serta tindakan membuka ladang atau kebun dengan cara dibakar karena sama-sama kita ketahui saat ini telah memasuki musim kemarau.

“Kami kedepankan Peran Bhabinkamtibmas pada desa binaannya untuk mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk meminimalisir segala kegiatan yang akan menyebabkan kebakaran terutama memasuki musim kemarau sangat diperlukan, selain itu mereka (Bhabinkamtibmas) juga wajib berpatroli diwilayah binaannya masing-masing dan harus selalu peka setiap adanya pembakaran hutan oleh oknum warga binaannya. Tentunya tidakan akan sendiri ia bekerja, akan selalu berkoordinasi dengan pihak desa setempat dan melaporkan kepada kami untuk melakukan tindakan lebih lanjut. “Pungkas Kapolsek Karangan yang akrap di panggil Pak Trisno.