Awali World Clean Up Day dengan Giat Jum’at Bersih di Seputaran Lapangan Karangan

Polres Trenggalek – Aksi bersih-bersih dilakukan oleh Muspika Karangan, Kapolsek beserta Anggota Polsek Karangan, Anggota Koramil Karangan, Para Guru se-Kecamatan Karangan serta para murid SDN 1 Karangan bertempat diseputaran lapangan Kecamatan Karangan dalam rangka mengawali peringatan World Clean Up Day / Hari Bersih Dunia, Jum’at (20/09/2019).

Kapolsek Karangan yang juga turut hadir dalam giat tersebut mengatakan, “Kegiatan bersih-bersih yang dimulai pada pukul 08.00 wib ini, diawali dengan menyisir lapangan Karangan sebelah barat dengan menyapu/ memungut sampah-sampah terutama sampah plastik yang bertebaran diarea lapangan untuk dikumpulkan kemudian dimusnahkan dengan cara dibakar,” ujar AKP Sutrisno,S.H.

Banyaknya sampah plastik dikarenakan lapangan Karangan seringkali dijadikan sebagai tempat untuk berbagai kegiatan, seperti halnya peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada bulan Agustus lalu, selain juga digunakan untuk kegiatan kemasyarakatan maupun suatu organisasi. Sehingga menjadi tempat para pedagang menjajakan dagangannya yang kebanyakan menggunakan wadah plastik, yang kemudian dibuang secara sembarangan oleh konsumen.

Upaya bersih-bersih lingkungan dalam World Clean Up Day dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran budaya bersih lingkungan, serta menjalin komunikasi di antara berbagai unsur masyarakat.

“Diharapkan masyarakat waspada dan peka terhadap dampak buruk pembuangan sampah sembarangan, selain merusak pemandangan banyaknya sampah juga dapat mengakibatkan polusi dan timbulnya penyakit. Untuk itu masyarakat diedukasi untuk clean up setiap hari dengan mengimplementasikan pemanfaatan sampah dengan 3R (Reuse, Reduce dan Recycle) yakni Reuse pemakaian kembali, Reduce kurangi pemakaian dan Recycle mendaur ulang,” tambah Kapolsek Karangan.