Jaga Konsumen Makanan Agar Tidak Dirugikan

Polres Trenggalek – Merasakan gorengan pedagang di pinggir jalan desa Tanggaran, mengantisipasi adanya keracunan jajanan. Personel Polsek Pule mencoba-coba makanan gorengan tempe, tahu isi, pisang goreng dan molen dalam kegiatan patrolinya, itu pada Kamis 19 September 2019.

Dalam menjelaskan pengertian perlindungan Konsumen Waka Polsek Pule Iptu Agustyo menyampaikan, Konsumen yaitu beberapa orang yang menjadi pembeli atau pelanggan yang membutuhkan barang untuk mereka gunakan atau mereka konsumsi sebagai kebutuhan hidupnya atau dimakan.

 

Sedangkan dalam perkembangan perekonomian umumnya dan khususnya di bidang perdagangan meliputi masyarakat dipedesaan telah menghasilkan berbagai variasi makanan ringan dan macam -macam gorengan yang dapat dikonsumsi pada saat itu. Hal itu disampaikan Iptu Agustyo saat berdialogis dengan penjual gorengan.

 

Berbicara era perdagangan saat ini selain untuk makanan, globalisasi dan perdaganan bebas yang didukung oleh kemajuan teknologi telekomunikasi dan infomatika telah memperluas ruang gerak arus transaksi barang dan/atau jasa melintasi batas-batas wilayah suatu negara, sehingga barang dan/atau jasa yang, ditawarkan bervariasi baik produksi luar negeri maupun produksi dalam negeri.

 

Kondisi yang demikian pada satu pihak mempunyai manfaat bagi konsumen karena kebutuhan konsumen akan barang dan atau jasa yang diinginkan dapat terpenuhi serta semakin terbuka lebar kebebasan untuk memilih aneka jenis dan kualitas barang dan atau jasa sesuai dengan keinginan dan kemampuan konsumen. Hal itu yang harus dijaga dari setiap produsen barang begitu juga produsen makanan gorengan, jelas Iptu Agustyo. Semua dalam mencegah timbulnya kerugian dari konsumen dalam bentuk penggunaan barang atau keracunan setelah memakan produk gorengan.