Tanamkan Kecintaan pada NKRI Bhabinkamtibmas Blusukan Ke Sekolah Setiap Hari Senin

Polres Trenggalek – Pagi yang mendung tak menyurutkan semangat anak-anak berangkat kesekolah guna mengikuti Upacara Bendera rutin setiap hari Senin. Dalam Upacara Bendera kali ini di SDN 3 Jatiprahu yang akan bertindak sebagai Irup adalah Bhabinkamtibmas Desa Jatiprahu Polsek Karangan Polres Trenggalek Brigadir Bambang Cahyana, Senin (23/09/2019).

Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh jajaran Bhabinkamtibmas Polsek Karangan di Sekolah-sekolah yang berada di wilayah Polsek Karangan, baik sekolah tingkat SD, SMP maupun SMA di Sekolah Desa binaan masing-masing Bhabinkamtibmas. Para pelajar pun menyambut antusias dengan kehadiran Bhabinkamtibmas sebagai Inspektur Upacara.

“Dengan menjadi Irup di Sekolah-sekolah maka dapat menjadi sarana mendekatkan diri bagi personil Polri dengan para pelajar guna memberikan bimbingan dan penyuluhan serta pesan-pesan kepada para siswa untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa,” ujar Bhabinkamtibmas sebelum Upacara dimulai.

Upacara berlangsung dengan khidmat dan penuh penghayatan, dalam amanatnya Bhabinkamtibmas Desa Jatiprahu menyampaikan bahwa Kemerdekaan Republik Indonesia diperoleh melalui tetes darah para pejuang, untuk itu sudah sepatutnya dilanjutkan oleh seluruh komponen masyarakat Indonesia khususnya para pelajar dengan mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia melalui penguatan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam empat konsensus dasar kebangsaan yaitu: nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia di dalam Pancasila, UUD 1945, Negara kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal ika.

“Para pelajar perlu diberi pemahaman yang jelas dan mendalam mengenai pelaksanaan upacara dan besarnya pengorbanan para pahlawan sehingga bendera merah putih dapat dikibarkan di Indonesia serta Kemerdekaan Indonesia diakui oleh dunia. Untuk itu para generasi penerus bangsa harus memahami ciri khas serta identitas bangsa, agar tidak luntur dan hilang begitu saja,” pungkas Bhabinkamtibmas.