Polisi Waspadai Karhutla dan Sadarkan Warga Pentingnya Hutan Lindung

Polres Trenggalek – Penantian turunya hujan dimusim kemarau yang sudah berdampak kekeringan terjadi dimana-mana saat ini sudah cukup dirasakan oleh warga masyarakat pegunungan wilayah kecamatan Munjungan. Kerawanan terjadinya kebakaran hutan dan ladang akibat dampak kekeringan yang luar biasa tersebut pergelaran patroli blusukan hutan terus dilalsnakan oleh personil Polsek Munjungan Polres Trenggalek.

Kawasan hutan sepanjang jalur Munjungan Kampak juha sangat berpotensi terjadinya bencana karhutla bila para pengguna jalan yang melintas sembrono membuang puntung rokok sembarangan. Waka Polsek Munjungan Polres Trenggalek Iptu Budi Wahono disaat kendalikan pantauan karhutla bersama anggota, bila berpapasan dengan warga juga selalu menyampaikan himbauan pada khalayak untuk extra hati-hati dikawasan hutan jangan sampai menjadi pemicu terjadinya kasus kebakara.

“Hamparan hutan pinus dan cengkeh yang luas di wilayah Munjungan menjadi perhatian khusus oleh semua pihak terutama kerjasama yang simultan antara perhutani dengan Kepolisian Sektor Munjungan Polres Trenggalek didalam mengantisipasi adanya bemcana karhutla seperti di luar wilayah yang kerap terjadi” pungkas Iptu Budi Wahono.

Kesadaran harus terus dibangun juga bagi para petani penggarap hutan yang saben hari pergi ke ladang dan hutan. Dengan minimnya debet air dan mata air yang sudah banyak yang kering atau mati tentunya warga masyarakat harus mulai sadar dan berusaha mempertahankan mata air biar tetap langgeng dengan tidak menebang pohon sembarangan sebagai pelindung alam ini. (Red/is)