Ada Kasus ODGJ, Tim Gabungan Bergerak Cepat

Polres Trenggalek – Seperti diberitakan sebelumnya, saat ini Pemerintah Kabupaten Trenggalek berkomitmen untuk menangani orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), hal ini untuk menekan adanya ODGJ yang kurang mendapatkan perhatian terutama penanganan medis. Rabu (9/10).

Jika sebelumnya kasus ODGJ ini terjadi di Desa Sawahan dan Desa Margomulyo Kecamatan Watulimo, kali ini kasus yang sama juga terjadi di Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, dengan melibatkan unsur tiga pilar Desa, Satpol PP, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan langsung berkoordinasi mengambil tindakan guna penanganan lebih lanjut yakni membawa ODGJ ke Puskesmas Karanganyar Kecamatan Gandusari Trenggalek.

Petugas dari Polsek Watulimo Polres Trenggalek Bripka Sujoko dan Bhabinkamtibmas Aipda Bambang Prasetyo Basuki, S.Kom, S.Ap yang terlibat dalam kegiatan penanganan kasus menjelaskan bahwa ini sudah menjadi komitmen bersama lintas instansi untuk sigap dan tanggap dalam penanganan ODGJ di wilayah masing-masing.

“Kebijakan ini dilakukan untuk mencegah adanya ODGJ yang tidak mendapatkan perhatian, jangan sampai orang yang mengalami gangguan jiwa ini mendapatkan perlakuan yang kurang manusiawi, seperti dipasung atau dikurung,” ujar Sujoko.

Ditempat yang sama Bhabinkamtibmas Aipda Bambang juga menjelaskan bahwa nantinya ODGJ ini akan difasilitasi kesehatannya oleh Rawat Inap Jiwa Puskesmas Karanganyar, sehingga akan mendapatkan penanganan yang lebih baik.

“Selanjutnya kami unsur tiga pilar, Satpol PP dan petugas dari Puskesmas Prigi membawa penderita ke Rawat Inap Jiwa Puskesmas Karanganyar untuk memberikan perawatan lebih lanjut,” ujar Bambang.

Sementara itu Sidik Kasi Trantib Kecamatan Watulimo menjelaskan bahwa sebelumnya petugas dan warga sekitar merasa khawatir dengan kondisi penderita, namun kekhawatiran itu hilang setelah upaya persuasif berhasil dilakukan.

“Meskipun mengalami gangguan jiwa bahkan sering mengamuk, penderita sangat kooperatif menerima tim gabungan dan mendapatkan perawatan sampai di Rawat Inap Jiwa Puskesmas Karanganyar,” pungkasnya.

Ditempat terpisah Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Saiful Rokhman, S.H menambahkan menambahkan bahwa Kepolisian melalui fungsi Bhabinkamtibmas yang bersinergi dengan Babinsa serta instansi terkait akan terus memantau dan mendata setiap kasus ODGJ yang ada di desa binaannya, hal ini untuk memudahkan dalam penanganan ODGJ di tengah-tengah masyarakat.