Bertemu Bawaslu, Kapolres Trenggalek Diskusikan Kerawanan Pilkada 2020

Polres Trenggalek – Dalam tiap pemilihan umum, Bawaslu merupakan salah satu penyelenggara Pemilu yang menjadi mitra bagi Kepolisian khususnya dalam penanganan tindak pidana Pemilu. Penanganan perkara pidana Pemilu tersebut didilakukan melalui mekanisme sentra Gakkumdu.

Atas dasar tersebut, disela-sela kesibukannya, Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. didampingi beberapa pejabat utama menggelar kunjungan kerja ke kantor Bawaslu Kabupaten Trenggalek di jalan raya masuk Desa Rejowinangun Trenggalek. Rabu (9/10)

Rombongan Kapolres di sambut oleh salah seorang komisioner Bawaslu Prayogi, S.Pd.I, berikut tenaga sekrestariat Bawaslu.

“Bersilaturahmi dan kunjungan kerja kepada Bawaslu Trenggalek selaku penyelenggara Pemilu.” Ujar AKBP Jean Calvijn.

AKBP Jean Calvijn menjelaskan, progres tahapan Pilkada 2020 sudah mulai berjalan. Pihaknya sebagai leading sektor bidang Kamtibmas telah melakukan pemetaan terhadap tingkat kerawanan yang perlu diantisipasi sejak dini.

Namun upaya dari pihak Kepolisian tidak akan berarti jika tanpa didukung oleh seluruh elemen masyarakat khususnya penyelenggara Pemilu diantaranya Bawaslu.

“Dalam pelaksanaan nanti Polri, Bawaslu  dan  Kejaksaan akan bekerjasama di sentra Gakkumdu dalam penanganan perkara pidana Pemilu. Nah, kerjasama ini harus bisa mengakomodir kewenangan masing-masing lembaga dalam bentuk MoU” Imbuhnya

Pihaknya berhadap kerjasama dan sinergitas antara Polri dengan Bawaslu Trenggalek akan semakin meningkat dalam rangka mensukseskan Pilkada 2020 serta terciptanya Kamtibmas yang aman, damai dan kondusif baik sebelum pada saat maupun paska Pilkada 2020.