Musim Kemarau, Polsek Watulimo Intensifkan Patroli Antisipasi Karhutla

Polres Trenggalek – Selama musim kemarau yang cukup panjang ini, Polsek Watulimo Polres Trenggalek terus menggiatkan patroli dengan sasaran wilayah hutan yang rawan akan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Rabu (9/10).

Seperti pada kali ini nampak petugas patroli menyasar hutan di wilayah hutan pantai Damas Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, yang mana lokasi tersebut rawan akan kebakaran hutan dan lahan.

Kanit Patroli Sabhara Polsek Watulimo Polres Trenggalek Aiptu Sutikno yang memimpin langsung kegiatan patroli menjelaskan bahwa selain patroli secara mobiling, petugas juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat yang sedang beraktivitas dilingkungan hutan

“Ini merupakan bentuk kepedulian Kepolisian terhadap kelestarian lingkungan, terutama kawasan hutan yang masih cukup luas di wilayah Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek,” ujar Sutikno.

Masih menurut Sutikno, melalui patroli serta penyampaian imbauan secara langsung ini setidaknya Kepolisian bisa mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk lebih peduli dengan kelestarian lingkungan, dalam hal ini adalah untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya Karhutla.

“Diharapkan dengan langkah antisipasi maupun pencegahan sebelumnya, maka kemungkinan terjadinya Karhutla di wilayah Kecamatan Watulimo bisa dihindari,” pungkasnya.

Ditempat terpisah Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Saiful Rokhman, S.H membenarkan apa yang disampaikan oleh Aiptu Sutikno, intinya agar masyarakat untuk selalu peduli dengan kelestarian alam di lingkungan masing-masing sehingga dapat menghindari aktivitas yang dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Dan apabila mengetahui kebakaran hutan maupun lahan, agar segera menghubungi Kepolisian maupun aparat lainnya guna dilakukan langkah-langkah penanggulangan lebih lanjut,” pungkasnya.