Antisipasi Tahanan Sakit, Polres Trenggalek Rutin Cek Kesehatan

Polres Trenggalek -Kepolisian Resort Trenggalek memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam memperlakukan tahanan di Rutan Mapolres. SOP ini berpijak kepada regulasi dan penghargaan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM).

Meskipun berstatus sebagai tahanan bukan berarti perlakuan terhadap mereka berbeda. Tentu tidak. Semua hak sebagai tahanan diberikan sepenuhnya. Mulai dari ruang tahanan yang relatif bersih berikut Kamar mandi, makan hingga ibadah. Salah satu yang mungkin luput dari perhatian adalah pemeriksaan kesehatan rutin bagi tahanan di Mapolres.

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. mengatakan, pemenuhan hak-hak para tahanan merupakan Protap wajib dilakukan oleh petugas jaga tahanan. Semua harus diperlakukan humanis.

Namun demikian, lanjut AKBP Jean Calvijn, kedisplinan dan pengawasan ketat tetap dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti melarikan diri, bertikai antar tahanan ataupun menyerang petugas.

”Seminggu sekali, setiap hari Rabu, kita selalu cek kesehatan mereka. Petugas medis dari Urkes klinik pratama Bhayangkara.” Jelas AKBP jean Calvijn.

Masih kata AKBP Jean Calvijn, jika terdapat tahanan yang sakit ringan langsung diberikan obat jalan. Sedangkan yang memiliki riwayat sakit berat akan diberikan rujukan di klinik pratama atau rumah sakit terdekat.

“Tentu dengan penjagaan dari anggota dan pendampingan dari tenaga medis Urkes.” Pungkasnya