Polisi Bantu Air Bersih Warga Desa Suruh

Polres Trenggalek – Kemarau yang berkepanjangan mengakibatkan sejumlah wilayah di Kabupaten Trenggalek terdampak kekeringan sejak bulan lalu, salah satu wilayah yang mengalami kesulitan air bersih adalah Desa Suruh Kecamatan Suruh, guna untuk mengatasi kesulitan air bersih baik instansi pemerintah maupun organisasi kemasyarakatan menyalurkan air bersih ke sejumlah titik.

Menyikapi adanya kesulitan air bersih, Bharaduta Nusantara yang bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Trenggalek dan Polsek Suruh Polres Trenggalek turun tangan dengan menyalurkan air bersih untuk warga masyarakat Putuk Rt 19 Rw 07 Dusun Krajan Desa Suruh. Senin (14/10)

Air bersih yang disalurkan untuk masyarakat di Dusun Krajan Rt 19 Rw 07 Desa Suruh Kecamatan Suruh tersebut di dengan menggunakan satu unit truk engkel yang berkapasitas 4.000 liter milik BPBD Kabupaten Trenggalek, dan secara ketat mendapat pengawalan dari anggota Polsek Suruh Polres Trenggalek yang dipimpin oleh Aiptu Sumarji.

Para warga mengantre sembari membawa ember, gentong, hingga jeriken. Adanya bantuan itu cukup membantu meringankan beban mereka dalam mencari air bersih. Sebab selama musim kemarau ini, mereka ada yang membeli air bersih dengan harga yang cukup tinggi setiap bulannya.

Salah seorang warga Rt 19 Rw 07 mengaku bahwa wilayahnya telah mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih sejak dua bulan terakhir.

“Setiap musim kemarau tiba warga yang ada diwilayah sini sering mengalami kesulitan air bersih, dan untuk mengatasinya kami terpaksa membeli air atau menunggu bantuan dari pemerintah maupun organisasi kemasyarakatan lainnya,” ujarnya

Dengan adanya bantuan air bersih dari Bharaduta Nusantara ini, kami mewakili warga Putuk Desa Suruh sangat berterimakasih, dan bantuan air ini untuk keperluan sehari-hari, air yang diberikan oleh pihak Bharaduta terbilang sangat bersih sehingga bisa digunakan untuk memasak dan minum

Ditempat terpisah Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP Wardjito, SH yang mewakili Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan, musim kemarau di wilayahnya telah menyebabkan kekeringan sehingga banyak mata air dan sumur warga menjadi kering.

“Bagi warga masyarakat yang kesulitan air bersih kami minta melapor kepada Bhabinkamtibmas yang ada dimasing masing desa, dan nanti akan kami koordinasikan dengan instansi terkait guna untuk dilakukan Droping air bersih sesuai dengan lokasi yang membutuhkan air bersih tersebut,” terang Kapolsek Suruh Polres Trenggalek AKP Wardjito

“Berdasarkan catatan kami semua wilayah yang mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih sudah terlayani semua, baik oleh BPBD dan Instasi Pemerintah maupun oleh organisasi kemasyarakatan lainnya, semoga musim kemarau ini segera berakhir dan tiba musim penghujan sehingga kesulitan dari air bersih dapat segera untuk diatasi,” pungkas Kapolsek Suruh AKP Wardjito, SH