Sinergi Bersama Perhutani Polisi Waspadai Karhutla

Polres Trenggalek – Bukti nyata sebagai langkah serta upaya yang serius aparat kepolisian didalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan ladang (karhulla) diwilayah yang notabene secara geografis memliki kawasan hutan dan hamparan ladang luas secara persuasif perlu peningkatan pula koordinasi yang sinergi dengan pihak pemangku hutan yakni Perhutani. Diwilayah Kecamatan Munjungan Trenggalek terbagi menjadi dua wilayah kehutanan bagian timur dan barat yang didominasi tanaman pohon cengkeh diluar area hutan lindung. (Rabu 16/10)

Sinergi dan bentuk koordinasi Kepolisian Sektor Munjungan Polres Trenggalek bersama Polisi Hutan dan para mandor pegawai perhutani dengan menggiatkan warga pengelola ladang hutan agar secara bergilir memantau kawasan sembari memastikan tidak adanya titik api yang bisa memicu terjadinya kebakaran secara luas.

Humas Polsek Munjungan Polres Trenggalek Aiptu Iswanto saat jalankan tugas pelayanan pada warga dalam pantauan wilayah juga sempatkan blusukan dan bertandang ke kantor KRPH Barat Dan Timur untuk menggali segala informasi serta penguatan koordinasi untuk pemetaan pantaun kawasan hutan di musim kemarau sekaligus pemberdayaan lembaga masyarakat desa hutan harus selalu waspada dalam antisipasi karhutla. (Rabu 2/10)

Patroli gabungan antara Polsek Munjungan Polres Trenggalek bersama TNI dan petugas kehutanan sebagai wujud antisipasi tak jarang dilakukan jalan kaki memasuki kawasan hutan pada saat ini karena musim kemarau panjang yang sudah berdampak pula pada mengecil serta sebagian mata air pegunungan sudah mati. “Langkah cegah dini terjadinya karhutla semaksimal mungkin kami lakukan secara bersama-sama dengan terus berikan warning pada masyarakat pengelola hutan tidak membuat titik api yang memicu kebakaran” ujar Aiptu Iswanto. (Red/is)