Tekan Angka Pelanggaran dan Laka Lantas, Polres Trenggalek Gelar Operasi Gabungan

Polres Trenggalek – Guna mewujudkan Kamtibselcarlantas yang kondusif, pola preemtif, proventif dan represif harus berjalan beriringan. Ketiga pola tersebut dilakukan secara berkesinambungan satu sama lain sehingga hasil yang dicapai benar-benar optimal.

Demikian pula dengan penegakan hukum bidang lalu lintas, tidak bisa hanya dibebankan kepada aparatur Kepolisian semata, namun harus bersinergi dengan instansi terkait yang memeiliki kewenangan tertentu.

Seperti yang digelar hari ini, jajaran Satlantas Polres Trenggalek bersama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, Dispenda kabupaten Trenggalek, Polsek Durenan dan Unit Subdenpom (PM) Trenggalek melaksanakan operasi gabungan. Rabu (16/10)

Operasi gabungan tersebut digelar di jalan raya Durenan-Tulungagung tepatnya di depan Traffic Accident Center (TAC). Kegiatan diawali dengan Apel bersama yang dipimpin oleh Kaurbinops Satlantas Iptu Suwanan dan Kapolsek Durenan AKP M. Solichin, S.H. untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak.

“Operasi ini multi sasaran. Selaian pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan juga mencegah terjadinya kriminalitas seperti Sajam, Senpi, Narkoba dan lain-lain.” Ujar AKP M. Solichin.

Senada, Iptu Suwanan mengatakan, masing-masing intansi yang terlibat memiliki kewenangan yang berbeda-beda namun dalam penindakannya dilakukan dalam satu atap sehingga lebih mudah dan cepat.

“Dari laporan yang kami terima, selama operasi berlangsung menindak 55 pelanggar. Tilang dari pihak kepolisian sebanyak 18 pelanggaran dan 37 tilang dari Dishub.” Ujar Iptu Suwanan.

Dengan operasi gabungan semacam ini, pihaknya berharap dapat menekan angka pelanggaran maupun angka kecalakaan lalu lintas di Kabupaten Trenggalek.