Tingkatkan Kompetensi, Polres Trenggalek Gelar Pelatihan Bagi Anggotanya

Polres Trenggalek – Salah satu tolok ukur profesionalisme Polri adalah memiliki kompetensi yang unggul sesuai dengan tugas pokok, tanggungjawab dan wewenang yang diembannya. Kompetensi ini selain bisa didapatkan melalui sekolah atau pendidikan formal juga bisa diperoleh dari berbagai pelatihan yang digelar secara internal.

Guna meningkatkan kompetensi tersebut, Polres Trenggalek setiap hari Rabu rutin menggelar berbagai pelatihan bidang Kepolisian. Pelatihan ini bisa dikatakan semi formal mengingat dilaksanakan bersamaan dengan digelarnya apel pagi.

Dikonfirmasi terpisah AKBP jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H mengatakan, kemampuan individu harus terus dilatihkan untuk menumbuhkan sikap responsif, cekatan dan tepat dalam mengambil keputusan.

“Pelatihan rutin dilaksanakan setiap hari Rabu. Baik Polres mapun Polsek. Materi yang disampaikan adalah seputar tugas pokok Kepolisian seperti bela diri, pengawalan atau pengetahuan yang lain terkait dengan aturan perundang-undangan.” Jelas AKBP Jean Calvijn

“Jadi sifatnya fleksibel menyesuaikan dengan kondisi atau isu terkini.” Imbuhnya

Namun demikian, metode pembelajaran yang diterapkan harus memenuhi standar yang telah ditetapkan. Demikian pula tenaga instruktur harus dari anggota yang secara keilmuan menguasai tentang materi yang disampaikan.

“Kita punya Renlat (Rencana latihan) dan hasil yang ingin di capai. Termasuk administrasi platihan seperti silabus dan sebagainya. Jadi meskipun sifatnya non formal tetapi hasil yang dicapai harus jelas dan terarah.” Pungkasnya