Wakapolsek Pimpin Langsung Patroli

Polres Trenggalek – Personel  patroli Sabhara dari jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Dongko Polres Trenggalek yang dikendalikan Wakapolsek Ipda Susila Basuki terus bergerak guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas). Selasa (15/10)

Seperti terlihat mereka dengan kendaraan strada patrolinya terus mobiling guna bisa menjangkau dan mengunjungi obyek vital juga proyek vital yang ada di wilayah hukum sekaligus dialogis untuk sarana mendekatkan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas.

Sewaktu ditemui usai kegiatan Wakapolsek Dongko Ipda Susila Basuki mengatakan, sebagai pengendali patroli hari ini, kami terus berusaha menggelar kegiatan untuk pencegahan. Dan kami bergerak dari satu titik ke titik lainnya untuk memeriksa dan memastikan area dalam keadaan aman dan tertib.

“Patroli merupakan sebagai bentuk usaha insan Kepolisian dalam rangka tindakan pencegahan dan kami selalu berpedoman pada standar operasional prosedur (SOP) dalam setiap tindakan dari rangkaian usaha memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, seperti halnya kegiatan patroli ini,” kata Ipda Susila Basuki.

Sementara itu Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki, S.H., menambahkan dalam rangka mengupayakan aman pelaksanaan tugas patroli harus selalu berpedoman pada SOP agar dalam bertindak dilapangan dari kegiatan cegah maupun tangkal terhadap gangguan keamanan bisa terlaksana dengan baik.

Lebih lanjut Kapolsek Dongko menuturkan, kenapa kami selalu kedepankan fungsi Sabhara dalam rangkaian pelaksanaan mobiling. Karena Sabhara merupakan salah satu fungsi Kepolisian yang bersifat preventif dan dipersiapkan untuk dapat melakukan beberapa tugas pokok Polri dalam mencegah dan mengantisipasi kejahatan. Dengan harapan masyarakat dapat melaksanakan aktifitasnya dan terhindar dari gangguan kriminalitas.

“Untuk itu sesuai dengan peran dan tugasnya unit sabhara merupakan lining terdepan Polri di kehidupan masyarakat dalam hal mencegah terjadinya kejahatan agar masyarakat dapat merasa aman dan tentram,” tutur  AKP Tri Basuki.

Hal tersebut dibenarkan Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H.

“Ya benar, apa yang telah di lakukan anggota yang terus menggiatkan pelaksanaan patroli,” ungkap AKBP Jean Calvijn Simanjuntak.

“Kegiatan patroli strong poin pada jam malam, merupakan bentuk peningkatan tugas Kepolisian (K2YD) oleh personil Polri sebagai upaya menciptakan kondisi aman wilayah hukum,” tambahnya.

Kegiatan seperti itu harus terus dilakukan sebagai langkah memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, sekaligus pencegahan bertemunya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya tindak kejahatan, tukas AKBP Jean Calvijn.