Antisipasi Bencana, Polres Trenggalek Gelar Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan

Polres Trenggalek – Menghadapi pergantian musim dari kemarau ke musim hujan, Polres Trenggalek menggelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana. Apel tersebut dilaksanakan bersamaan dengan apel gelar pasukan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di halaman Mapolres.

Apel itu sendiri diikuti oleh ratusan peserta dari Kodim 0806, Polres Trenggalek, Basarnas, Satpol PP, Dishub, Perhutani, Tagana, Stake horder kebencanaan hingga organisasi pemuda dan masyarakat. Kamis (17/10).

Dalam sambutannya, Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H yang bertindak sebagai Pimpinan Apel mengatakan, Apel ini digelar bertujuan untuk mengecek sejauh mana persiapan personel dan peralatan dalam menghadapi bencana alam.

Oleh sebab itu, perlu dipersiapkan langkah-langkah sedini mungkin guna memperkecil timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis yang dalam keadaan tertentu dapat menghambat pembangunan nasional.

“Untuk mengantisipasi, diperlukan kerjasama dan sinergitas baik TNI/polri, pemerintah dan satakeholder yang ada dengan mempersiapkan personel dan sarpras yang di butuhkan” Ucap AKBP Jean Calvijn.

Lebih lanjut AKBP Jean Calvijn menuturkan, dalam menghadapi bencana alam, masyarakat pada umumnya masih relatif rendah terkait pemahaman dan kesadaran terhadap karakterisitik bencana dan resikonya, serta kurangnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman yang ada di sekitarnya.

“Hal ini menjadi kendala dan tantangan yang dihadapi pemangku kepentingan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam dan mari kita bersama-sama berdoa dengan harapan wilayah di Kabupaten Trenggalek pada musim penghujan nanti tidak terjadi bencana alam maupun bencana yang lain.” Imbuhnya

Apel gelar pasukan ditutup dengan pemeriksaan pasukan serta pengecekan sarana prasara pendukung termasuk kendaraan operasional yang turut dehadirkan di halaman Mapolres.

Sebagai informasi, hari ini Polres Trenggalek melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka persiapan dan kesiapan pengamanan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI. Bersamaan dengan itu digelar pula apel kesiapsiagaan penanggulan bencana alam.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut jajaran Forkopimda diantaranya Bupati Trenggalek H.M. Nur Arifin, Dandim 0806 Letkol Inf. Dodik Novianto, Ketua DPRD H. Samsul Anam, Pejabat utama Polres Trenggalek, Perhutani, kepala OPD, Kepala BUMN serta tokoh pemuda dan masyarakat.