Cek Kesiapsiagaan Bencana, Kapolres Trenggalek: Persiapkan Sedini Mungkin

Polres Trenggalek – Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. bersama dengan jajaran Forkopimda mengecek personel dan sarana prasarana pendukung dalam penanggulangan bencana alam yang digelar di halaman Mapolres Trenggalek. Kamis (17/10).

Beberapa sarana prasarana gabungan mulai dari kendaraan operasional TNI/Polri, alat berat milik Basarnas, Mobil dapur umum Tagana hingga peralatan kebencanaan seperti perahu karet, rompi air, gergaji mesin dan Apar di pamerkan dalam apel tersebut.

“Tadi Forkopimda, Saya bersama Bupati, Dandim dan Ketua DPRD bersama-sama menyaksikan dan pengecek kesiapsiagaan personel dan sarana prasarana gabungan” Tutur AKBP Jean Calvijn.

AKBP Jean Calvijn mengatakan, saat ini wilayah kabupaten Trenggalek masih mengalami musim kekeringan, namun beberapa saat lagi dimungkinkan akan berganti musim. Oleh sebab itu diperlukan kesiapan dari seluruh jajaran baik dari Polri, TNI, Basarnas maupun Pemkab Trenggalek.

“Kami mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai kemungkinan bencana alam banjir atau tanah longsor yang kerap terjadi di Trenggalek” Ujar AKBP Jean Calvijn.

“Forkopimda Trenggalek bersatu padu untuk melayani masyarakat” Imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Trenggalek H.M. Nur Arifin mengungkapkan pihak pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya dalam menghadapai bencana alam. Saat kekeringan seperti sekarang ini, pihaknya bersinergi dengan TNI/Polri membantu pengiriman air sampai pelosok desa.

“Kesiapsiagaan bencana perlu diantisipasi sejak dini. Kita juga melakukan penanaman pohon khususnya daerah aliran sungai” Jelas Bupati yang kerap dipanggil Cak Ipin ini

Namun jika sudah terjadi, masih kata Bupati, pihaknya menyatakan telah menyiapkan mitigasi bencana secara sinergis bersama semua stakeholder baik personel maupun kelengkapan untuk meminimalisir korban dari warga.

Sebagai informasi, hari ini Polres Trenggalek melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka persiapan dan kesiapan pengamanan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI. Bersamaan dengan itu digelar pula apel kesiapsiagaan penanggulan bencana alam.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut jajaran Forkopimda diantaranya Bupati Trenggalek H.M. Nur Arifin, Dandim 0806 Letkol Inf. Dodik Novianto, Ketua DPRD H. Samsul Anam, Pejabat utama Polres Trenggalek, Perhutani, kepala OPD, Kepala BUMN serta tokoh pemuda dan masyarakat.