Jaga Kondusivitas Jelang Pelantikan Presiden, Polres Trenggalek Kerahkan 1.000 Personel

Polres Trenggalek – Menjelang pelatikan Presiden dan Wakil Presiden RI yang menurut sesuai jadwal akan dilaksanakan tanggal 20 Oktober mendatang, Polres Trenggalek bersama instansi terkait lainnya menyatakan kesiapannya.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. saat memimpin Apel Gelar Pasukan di halaman Mapolres Trenggalek yang diikuti oleh ratusan peserta dari Kodim 0806, Polres Trenggalek, Basarnas, Satpol PP, Dishub hingga organisasi pemuda dan masyarakat. Kamis (17/10).

AKBP Jean Calvijn menuturkan, Apel Gelar Pasukan ini merupakan rangkaian akhir dari Operasi Mantab Brata yakni tahapan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu tahun 2019.

“Tadi Forkopimda, Saya bersama Bupati, Dandim dan Ketua DPRD bersama-sama menyaksikan dan pengecek kesiapsiagaan personel dan sarana prasarana gabungan” Tutur AKBP Jean Calvijn.

Lebih lanjut orang nomor satu di jajaran Polres Trenggalek ini mengatakan, proses pengamanan ini merupakan kegiatan imbangan karena tidak menutup kemungkinan situasi keamanan menjelang pelantikan tingkat nasional akan berimbas terhadap kondisi Kamtibmas di wilayah Jawa Timur khususnya Kabupaten Trenggalek.

“Beberapa langkah antisipasi sudah kita lakukan bersinergi dengan Kodim dan instansi lainnya seperti patroli skala besar gabungan kemudian melakukan dialogis dengan masyarakat agar bersama-sama menciptakan Trenggalek yang aman, damai dan sejahtera.” Imbuhnya

Selain itu, masih kata AKBP Jean Calvijn, pihaknya juga menempatkan personel pengamanan tidak hanya di kantor-kantor pemerintahan tetapi juga objek vital, DPRD, penyelenggara Pemilu, dan pusat keramaian lainnya yang berpotensi pengumpulan massa.

“Kita all out melakukan pengamanan. Total keseluruhan ada seribu personel dari Polri dan TNI dan stake holder lainnya yang kita libatkan.” Ujar AKBP Jean Calvijn.

Sementara itu, Bupati Trenggalek H.M. Nur Arifin mengatakan, salah satu indikator adalah aksi damai beberapa watu lalu yang berlangsung aman, tertib dan damai. Menurutnya, kondisi Kamtibmas di Trenggalek relatif aman dan tidak ada gesekan antar kelompok masyarakat.

Pihaknya turut memantau pergerakan masyarakat yang termobilisasi ke Jakarta untuk menghindari warga Trenggalek menjadi korban mengingat dalam situasi kerumunan massa yang besar terkadang ada resiko.

“Sebaiknya dihindari” Tutur Bupati yang kerap disapa Cak Ipin ini

Sebagai informasi, hari ini Polres Trenggalek melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka persiapan dan kesiapan pengamanan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut jajaran Forkopimda diantaranya Bupati Trenggalek H.M. Nur Arifin, Dandim 0806 Letkol Inf. Dodik Novianto, Ketua DPRD H. Samsul Anam, Pejabat utama Polres Trenggalek, kepala OPD, Perhutani, Kepala BUMN serta tokoh pemuda dan masyarakat.