Patroli Perbankan, Polisi Imbau Satpam Lebih Waspada

Polres Trenggalek – Personil Polsek Dongko Polres Trenggalek yang dikendalikan oleh Kepala sentra pelayanan kepolisian terpadu (Ka Spkt) Aiptu Edi Purwanto terus gencar dalam pagelaran patroli dan mobiling dengan sasaran prioritas utama adalah daerah dan kawasan rawan yang berada diwilayah hukum. Rabu (16/10)

Terlihat patroli mobiling Polsek Dongko Polres Trenggalek singgah di kawasan prioritas diantaranya Perbankan, pertokoan dan juga kawasan hutan yang rawan terjadinya kebakaran serta menyisir kawasan pemukiman penduduk.

Ditemui Ka Spkt Aiptu Edi Purwanto mengatakan, patroli dengan menjangkau sasaran prioritas utama ini adalah sebagai upaya cipta kondisi sekaligus antisipasi terjadinya aksi pelaku kejahatan maupun aksi kelompok-kelompok yang ingin mengacaukan situasi kamtibmas diwilayah hukum Polsek Dongko.

“Kegiatan patroli dengan sasaran kawasan prioritas  daerah rawan ini adalah untuk menciptakan situasi wilayah hukum yang aman dan kondusif,” kata Aiptu Edi Purwanto.

Kesemuanya itu kami gelar sebagai upaya pencegahan ataupun mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), imbuhnya.

Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,SH., membenarkan apa yang telah di lakukan anggotanya yang terus melakukan kegiatan dengan mengambil satu action plan patroli skala prioritas dengan menyasar tempat rawan.

“Kegiatan patroli ini adalah, sebagai salah satu wujud dan aksi nyata dari kami petugas Kepolisian Sektor Dongko untuk cipta kondisi dalam mewujudkan rasa aman masyarakat,” ungkap AKP Tri Basuki.

Diharapkan dengan upaya preemtif dan preventif ini menjadikan situasi wilayah hukum Polsek Dongko Polres Trenggalek tetap aman kondusif, tukasnya.

Sementara Kapolres Trenggalek
AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H., menuturkan bahwasanya definisi patroli adalah salah satu kegiatan Kepolisian yang dilakukan oleh anggota Polri, sebagai usaha mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas yang disebabkan potensi gangguan, ambang gangguan, dengan cara mendatangi, menjelajahi, mengamati, mengawasi, memperhatikan situasi, dan atau kondisi yang diperkirakan menimbulkan gangguan nyata yang memerlukan kehadiran Polri untuk melakukan tindakan-tindakan kepolisian.

“Untuk itu sudah sepatutnya jika dalam kesehariannya anggota menggiatkan berbagai rangkaian kegiatan yang diantaranya adalah patroli demi menjaga stabilitas kamtibmas yang mantap diwilayah hukum,” tuturnya.