Polisi Bersama Masyarakat Berjibaku Padamkan Kebakaran Hutan

Polres Trenggalek – Kapolsek Pogalan Polres Trengalek AKP Mokh Mahmudi, S.H. beserta anggota, kemarin Selasa (15/10) siang mendatangi  lokasi kebakaran hutan yang terjadi di Gunung Kebo Dusun Ceme Desa Ngadirenggo Kecamatan Pogalan. Rabu (16/10/2019).

Setelah mendatangi lokasi kebakaran tersebut diketahui sekitar 1,5 hektar kawasan hutan RPH Kecamatan Trenggalek petak 78 mengalami kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla).

Untuk melakukan pemadaman kebakaran tersebut personel Polsek Pogalan yang di pimpin Kapolsek bersama Kades, Babinsa, Polhut  serta masyarakat bekerjasama memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya seperti gepyok kayu dengan tujuan agar api tidak semakin meluas.

”Kami hanya menggunakan cara sederhana saja untuk memadamkan bara api yaitu dengan mengunakan gepyok kayu untuk memadamkan bara api karena kondisi medan yang terjal dan tidak adanya sumber air untuk untuk memadamkan api,” jelas Kapolsek Pogalan AKP Mokh Mahmudi.

Lebih lanjut Kapolsek Pogalan menambahkan bahwa kebakaran Karhutla di Desa Ngadirenggo tersebut belum bisa dipastikan penyebabnya karena tim masih melakukan penyelidikan di lapangan guna untuk memastikan penyebab dari terjadinya kebakaran.

Selain itu, berkat kesigapan petugas yang dibantu intanstasi terkait serta masyarakat api dapat dipadamkan sekitar pukul 14.00 WIB sehingga tidak sampai menyebar ke seluruh hutan namun untuk sementara kerugian akibat peristiwa karhutla tersebut masih dalam penghitungan petugas.

Kapolsek Pogalan AKP Mokh Mahmudi, S.H. yang mewakili Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvinjn Simanjuntak, S.I.K., M.H. mengatakan bahwa dengan adanya musibah kebakaran hutan tersebut kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan tindakan yang dapat memicu kebakaran hutan serta tingkatkan kewaspadaan terhadap kebakaran hutan mengingat ini juga musim kemarau sehingga dapat memicu terjadinya kebakaran karhutla dan apabila terjadi Karhutla segeralah melapor kepada pihak kepolisiaan untuk segera dilakukan penindakan ,” pesan Kapolsek Pogalan.