Prioritas Antisipasi Karhutla, Personel Polsek Karangan Blusukan Kawasan Hutan

Polres Trenggalek – Hujan yang dinanti-nanti belum juga datang, wilayah terdampak kekeringan semakin meluas di Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek. Kawasan hutan juga mengalami kekeringan dengan pohon yang daun-daunnya berguguran.

Kamis (17/10/19), Kanit Sabhara Polsek Karangan Polres Trenggalek Aiptu Ismani bersama rekannya melaksanakan patroli pencegahan Karhutla di wilayah hutan di Dusun Nglongah Desa Sumberingin Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek.

“Wilayah hutan ini dekat dengan pemukiman penduduk, banyaknya daun kering yang berserakan ditanah dikhawatirkan dapat mengakibatkan kebakaran bila terdapat sumber api baik dari puntung rokok yang dibuang sembarangan atau api yang berasal dari pembakaran sampah warga didekat hutan yang bisa merembet ke hutan sehingga menimbulkan kebakaran diarea hutan dan lahan di Dusun ini,” ujar Aiptu Ismani.

Setelah memantau wilayah hutan dan memastikan situasi aman, Kanit Sabhara beserta rekan singgah kerumah warga yang paling dekat dengan hutan untuk memberikan himbauan kamtibmas antisipasi Karhutla.

“Kami berharap warga yang tinggal di sekitar hutan ini dapat berperan aktif dalam melakukan pencegahan terjadinya kebakaran. Jangan membuang puntung rokok sembarangan dan membakar sampah dekat hutan untuk menghindari terjadinya kebakaran. Apabila melihat ada oknum yang dengan sengaja melakukan pembakaran hutan, segera laporkan ke Polsek terdekat agar dapat segera ditangani,” pesan Aiptu Ismani.