Waka Polsek Durenan Pimpin Patroli Cegah Karhutla di Desa Kendalrejo

Polres Trenggalek – Guna cegah Karhutla (Kebakaran hutan dan lahan) Waka Polsek Durenan Polres Trenggalek Iptu Zainudin memimpin pelaksanaan patroli cegah Karhutla di kawasan Hutan Desa Kendalrejo, selasa (12/11).

Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Jean Calvijn Simanjuntak,S.I.K.,M.H. selaku Kapolres Trenggalek memerintahkan jajaran Polsek Polres Trenggalek agar melaksanakan patroli hutan dan lahan untuk mencegah terjadinya Karhutla (Kebakaran hutan dan lahan) karena musim hujan belum juga turun sehingga riskan¬† terjadinya kebakaran sehingga kita selalu melakukan patroli rutin antisipasi sedini mungkin terjadinya Karhutla.” jelasnya.

Guna menindaklanjuti perintah Kapolres Trenggalek , Kapolsek Durenan Polres Trenggalek AKP Mochamad Solichin,S.H memerintahkan Anggota untuk melaksanakan patroli cegah karhutla , Waka Polsek Durenan Iptu Zainudin mengajak anggota untuk patroli hutan untuk cegah Karhutla sekaligus memberikan pesan kepada warga yang beraktifitas di sekitar hutan agar tidak membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan yang dapat mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan.

Waka Polsek Durenan Polres Trenggalek Iptu Zainudin menyampaikan bahwa patroli hutan cegah Karhutla sangat diperlukan apalagi di musim kemarau yang panjang riskan terjadi kebakaran serta mengingatkan kepada masyarakat bahwa pembakaran hutan ada sanksi dan hukuman nya dengan dasar undang undang No 41 tentang kehutanan , serta pasal 73 ayat 3 dan ayat 4 tentang pelaku pembakaran hutan dengan kurungan 5 th penjara dengan denda 1,5 Miliar, maka bagi masyarakat yang beraktifitas di hutan jangan coba coba melakukan pembakaran hutan ,” ujarnya.

Kapolsek Durenan Polres Trenggalek AKP Mochamad Solichin,S.H membenarkan bahwa ada perintah dari bapak Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak,S.I.K.,M.H. untuk melaksanakan patroli cegah Karhutla serta memberi tahu masyarakat agar tidak membakar hutan untuk perluasan lahan yang menyebabkan kerugian baik negara dan masyarakat.”jelasnya.