Buka sosialisasi SOP Jaga Tahanan, Wakapolres Trenggalek: Pedomani dan Implementasikan

Polres Trenggalek – Wakapolres Trenggalek Kompol Wiji Rahayu, S.H. membuka sosialisasi SOP Jaga Tahanan yang digelar di Rupatama Mapolres Trenggalek. Sosialisasi ini diikuti oleh puluhan personel dari Kanitreskrim dan Kanitsabhara Polsek jajaran, kaurmintu Satlantas, Satnarkobar, Satreskrim dan anggota Propam.

Dalam acara tersebut bertindak selaku nara sumber adalah Paurrapkum Ipda Eko Wahyudi, S.H., M.H dan didampingi oleh Kasattahti Iptu Mujiata, S.H.

Kompol Wiji menuturkan, SOP jaga tahanan ini sangat diperlukan untuk menghindari dan meminimalisir hal-hal negatif seperti tahanan kabur, penyerangan terhadap petugas ataupun masuknya barang-barang berbahaya seperti Senpi/Sajam atau bahkan Narkoba ke dalam ruang tahanan.

“Tolong kepada seluruh anggota yang terlibat secara langsung dalam penugasan yang berhubungan dengan tahanan benar-benar memahami SOP ini. Jika ada yang kurang jelas langsung tanyakan sehingga selesai acara ini bisa langsung diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas sehari” Ungkap Kompol Wiji

lebih lanjut Kompol Wiji mengatakan, sesuai dengan arahan dan pentunjuk dari Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. bahwa masing-masing personel wajib memiliki kompetensi dan memahami tentang tugas, fungsi dan tanggung jawabnya.

“SOP ini bertujuan untuk menertibkan baik aspek administrasi atauapun operasional penjagaan tahanan. Semua proses harus tercatata sebagai bagian dari pertanggung jawaban petugas” Imbuhnya.

Pihaknya berharap dengan sosialisasi ini, profesionalisme petugas jaga tahanan maupun hubungan tata cara kerja (HTCK) antar fungsi terkait dengan pengamanan tahanan dapat semakin meningkat.

“Siwas dan Sipropam wajib melakukan pengawasa secara melekat. Termasuk perwira pengendali agar melaksanakan pengecekan setiap saat” Pungkasnya